ANALISIS IJARAH PEMBIAYAAN DANA TALANGAN HAJI PADA BANK BRI SYARIAH KCP KOTA BARU PONTIANAK

Erny Saryani B51111082

Abstract


Judul penellitian ini adalah “Analisis Ijarah Pembiayaan Dana Talangan Haji pada Bank BRI Syariah Kcp Kota Baru Pontianak” penelitian ini dilakukan untuk mengetahui  (1) Untuk mengetahui manajemen pembiayaan dana talangan haji Bank BRI syariah dalam membantu nasabah  jemaah haji menutupi kekurangan dana dan memperoleh porsi haji secara cepat. (2) Untuk mengetahui prinsip penyaluran dana (akad) pembiayaan dana talangan haji yang dijalankan PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Kcp Kota Baru Pontianak.

Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan menggunakan teknik studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif . Kesimpulan penelitian ini adalah bank merupakan lembaga keuangan yang merespon kebutuhan masyarakat dalam berbagai produknya termasuk Dana Talangan Haji.

Manajemen pembiayaan PT. Bank Rakyat indonesia telah efektif dalam membantu calon jemaah haji. Selain itu prinsip penyaluran dana (akad) pembiayaan dana talangan haji PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang menggunakan akad qardh dan akad ijarah. Bank mengambil keuntungan dari penggunaan akad ijarah, dengan mengambil upah jasa (fee ujroh). Untuk pembayaran upah jasa (fee ujroh) harus berdasarkan jumlah akad qardh atau pinjaman nasabah.  Upah jasa (fee ujroh) Rp1.000.000, Rp1.300.000, Rp1.500.000 dan Batas waktu perlunasan maksimal 1 tahun atau sampai sebelum keberangkatan haji.

Kata kunci : Akad Ijarah Pembiayaan Dana Talangan Haji Bank BRI Syariah Kcp Kota Baru Pontianak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.