ANALISIS SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK SARANG BURUNG WALET TERHADAP EFEKTIFITAS PAD PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PONTIANAK

EKO BAYU SAPUTRA B51111085

Abstract


Skripsi ini membahas tentang sistem pemungutan pajak sarang Burung Walet dan tingkat efektifitas penerimaan pajak sarang Burung Walet serta upaya yang harus dilakukan Pemerintah Kota Pontianak dalam rangka mengoptimalkan potensi yang ada. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.

Dari hasil penelitian ini didapat bahwa tingkat efektifitas penerimaan pajak sarang Burung Walet dikategorikan tidak efektif setiap tahunnya. Faktor penyebab turunnya penerimaan pajak sarang Burung Walet bukan berasal dari internal Dispenda, melainkan ada faktor eksternal yang sangat berpengaruh terhadap penerimaan pajak sarang Burung Walet. Hal ini di karenakan sistem pemungutan pajak yang digunakan adalah self assesment system. Sehingga, Dispenda tidak mempunyai andil yang cukup besar terhadap penentuan jumlah penerimaan pajak sarang Burung Walet.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam mengoptimalkan penerimaan pajak sarang Burung Walet di Kota Pontianak guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah sebagai berikut menambah jumlah pegawai, meningkatkan dan mengefektifkan sistem pengendalian dan pengawasan di lapangan, mengefektifkan pemberlakuan sanksi, serta melakukan pendataan kembali terhadap pengusaha yang masih produktif.

Kata kunci: Pajak, sarang Burung Walet, sistem pemungutan, efektifitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.