PENGARUH UNSUR SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNACE PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA XIII (PERSERO) PONTIANAK

DESI ANJELINA B51111044

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Unsur Sistem Pengendalian Internal Terhadap Penerapan Good Corporate Governance, dimana unsur tersebut terdiri dari Struktur Organisasi, Wewenang dan Prosedur Pencatatan, Praktek yang sehat dan Karyawan yang Bermutu. Pengukuran penerapan Good Corporate Governance merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi perusahaan. Perusahaan harus mempunyai tata kelola yang baik, maka diperlukan adanya sistem pengendalian internal yang baik pula agar tata kelola perusahaan berjalan sesuai visi dan misi perusahaan. Data dipilih dengan menggunakan purposive sampling dengan mengambil beberapa populasi karyawan PTPN XIII (Persero) sesuai dengan kriteria yang di tentukan oleh penulis di  antara nya sebanyak 80 karyawan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Data yang diperoleh kemudian diproses dan dianalisis dengan SPSS versi 21. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Struktur organisasi berpengaruh secara positif signifikan terhadap penerapan GCG. 2) Wewenang dan prosedur pencatatan berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan Good Corporate Governance . 3) Praktek yang sehat tidak berpengaruh positif terhadap penerapan Good Corporate Governance . 4) Karyawan yang bermutu berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan Good Corporate Governance .

Kata Kunci : Good Corporate Governance, Struktur Organisasi, Wewenang dan Prosedur Pencatatan, Praktek yang sehat dan Karyawan yang Bermutu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.