PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

ANGGUN KENDARTI PUSPASARI B51112182

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR terhadap profitabilitas dan leverage perusahaan sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI. Rasio profitabilitas yang digunakan adalah operating profit margin (OPM) dan rasio leverage yang digunakan adalah debt to equity ratio (DER).

Penelitian ini menggunakan Indeks Pengungkapan Corporate Social (CSDI) sebagai ukuran pengungkapan CSR, berdasarkan indikator dari Global Reporting Initiatives (GRI). Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling terhadap perusahaan sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI tahun 2011 samapai dengan 2013. Sebanyak 10 perusahaan memenuhi syarat sebagai sampel penelitian.

Nilai yang relatif lebih rendah dari CSDI menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dalam laporan tahunan perusahaan masih rendah. Hal ini mungkin karena masih belum ada aturan wajib mengenai pengungkapan CSR di Indonesia dan kurangnya kesadaran perusahaan akan pentingnya CSR dan pengungkapan dalam laporan tahunan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, begitu pula pengungkapan CSR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap leverage pada perusahaan otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.