PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN DALAM KUALITAS AKTIVA PRODUKITIF TERHADAP PROFITABILITAS (RETURN ON ASSET) PADA KOPERASI SIM[AN PINJAM SEMARONG, SOSOK

YULIUS AMDROVIN B41110154

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah komponen-komponen dalam kualitas aktiva produktif yang terdiri dari jumlah piutang anggota, kredit bermasalah, cadangan resiko yang dibentuk dan batas maksimum pemberian pinjaman koperasi memiliki pengaruh yang sigifikan positif atau negatif baik secara parsial (Uji T) maupun secara simultan (Uji F) terhadap profitabilitas (return on asset). Pengujian pengaruh komponen dalam kualitas aktiva produktif terhadap profitabilitas sangatlah penting agar perusahaan dapat mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan yang lebih efektif dan efisien terhadap kebijakan dalam pemberian pinjaman kepada anggota, kebijakan dalam meminimalisir terjadinya kredit bermasalah, kebijakan dalam pembentukan cadangan resiko dan kebijakan dalam pembentukan batas maksimum pemberian pinjaman koperasi.

Perusahaan yang menjadi objek penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Koperasi Simpan Pinjam Semarong, Sosok. Koperasi Simpan Pinjam, Semarong merupakan sebuah koperasi kredit yang menjalankan tugas dan fungsi koperasi pada umumnya yaitu menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman. Sampel yang menjadi sumber data dalam penlitian ini adalah laporan keuangan neraca, laporan kredit bermasalah dan laporan laba rugi perbulan dari awal tahun 2012 hingga akhir 2014. Pengujian pengaruh antara komponen dalam kualitas aktiva produktif terhadap profitabilitas (return on asset) dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 20.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah piutang anggota memeiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap profitabilitas (return on asset), kredit bermasalah memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap profitabilitas (return on asset), cadangan resiko memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap profitabilitas (return on asset), dan batas maksimum pemberian pinjaman koperasi (BMPP Koperasi) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap profitabilitas  (return on asset).

Kata Kunci :          Kualitas Aktiva Produktif (KAP), Jumlah Piutang Anggota, Kredit    Bermasalah (NPL), Cadangan Resiko ), Batas Maksimum Pemberian  Pinjaman Koperasi (BMPP), Profitabilitas, Return On Asset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.