Analisis Pengaruh Rasio LDR, GCG, NIM dan CAR Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar dalam Indeks Kompas 100 Pada Tahun 2012-2015

Rangga Dwi Prasetya B41112034

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings and Capital) terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar dalam Indeks Kompass 100 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini  menggunakan rasio Loan to Deposit Ratio (LDR) pada aspek resiko profil, Good Corporate Governance (GCG) , rasio Net Interest Margin (NIM) pada aspek rentabilitas, dan rasio Capital Adequancy Ratio (CAR) pada aspek permodalan.

Populasi dari penelitian ini adalah semua perbankan  yang terdaftar dalam Indeks Kompas 100 pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Total sampel penelitian adalah 9 bank yang telah ditentukan melalui purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, LDR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA perbankan, GCG berpengaruh positif  dan tidak signifikan terhadap ROA perbankan, NIM berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA perbankan, dan CAR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA perbankan. Secara simultan penelitian ini menyatakan bahwa LDR, GCG, NIM dan CAR berpengaruh signifikan terhadap ROA pada perbankan sebesar 39,3% dan sisanya sebesar 60,7% dijelaskan oleh variabel lain.

Kata kunci: ROA (Return On Assets), LDR (Loan to Deposit Ratio), GCG (Good Corporate Governance), NIM (Net Interest Margin), CAR (Capital Adequacy Ratio), IDX (Indonesian Stock Exchange).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]