ANALISIS METODE PENGUKURAN DAN PENILAIAN KEMBALI DALAM PENETAPAN NILAI WAJAR ASET TETAP PADA PT ANGKASA PURA II (PERSERO)

Abang Ferry Arjuna B41109120

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pengukuran dan penilaian kembali Dalam Penetapan Nilai Wajar Pada Aset Tetap. Penelitian ini dilakukan Pada PT Angkasa Pura II (persero). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai aset tetap pada laporan posisi keuangan jika menggunakan Revaluation Model apakah mengalami perubahan yang berpengaruh positif terhadap laporan keuangan perusahaan dan terhadap keputusan menejemen perusahaan.

Metode Analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, yaitu dengan mengkaji, memaparkan, menelaah, dan menjelaskan data-data yang diperoleh pada PT Angkasa Pura II (Persero) untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan menyeluruh tentang metode penilaian aset tetap.  Setelah mendapatkan gambaran yang  jelas mengenai metode penilaian aset tetap, metode tersebut kemudian dibandingkan dengan metode penilaian aset tetap yang lain sesuai dengan usulan peneliti untuk mengetahui pengaruhnya terhadap laporan posisi keuangan PT Angkasa Pura II (Persero).

Dengan penerapan Revaluation Model dapat meningkatkan nilai aset tetap perusahaan. Namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan masih menggunakan Cost Model. Meningkatnya nilai aset tetap juga akan  berpengaruh pada rasio-rasio laporan keuangan yaitu rasio likuiditas, rasio leverage dan rasio profitabilitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.