PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. GLOBAL GAHARU INDONESIA)

Martiansyih B51112164

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk  mengetahui peranan audit operasional atas penjualan yang telah diterapkan pada PT. Global Gaharu Indonesia dan melihat tingkat efektifitas penjualan pada PT. Global Gaharu Indonesia serta mengetahui pelaksanaan audit operasional atas penjualan yang telah dilaksanakan oleh perusahaan.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskripif yang menggunakan data primer seperti hasil wawancara dengan pihak perusahaan dan skunder seperti struktur organisasi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kepustakaan. Sedangkan alat analisis data yang digunakan adalah melalui kuisioner yang ditujukan kepada pihak perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada Kantor PT. Global Gaharu Indonesia dimana penulis menggunakan studi kasus terhadap penyelesaian skripsi ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan audit operasional yang diterapkan PT. Global Gaharu Indonesia dalam menunjang efektifitas penjualannya secara keseluruhan berperan baik dan memadai begitu juga tingkat efektifitas penjualan untuk tahun 2012-2013 yang dilaksanakan  pada PT. Global Gaharu Indonesia telah dilaksanakan dengan efektif, dan pelaksanaan audit operasional atas penjualan berperan dalam menunjang efektifitas penjualan pada PT. Global Gaharu Indonesia.

Kata Kunci : Audit Operasional, Efektifitas Penjualan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]