ANALISIS PENERAPAN PSAK NO.18 TENTANG AKUNTANSI DANA PENSIUN (Studi Kasus Pada DAPENBUN PTPN XIII (Persero) Pontianak)

Tri Noprida Siregar B41110085

Abstract


Pada perkembangannya dana pensiun berperan sebagai lembaga yang memberikan dana yang dibutuhkan untuk kesinambungan penghasilan peserta program jaminan hari tua, guna memberikan kesejahteraan kepada karyawan. Dalam melaksanakan kegiatan dana pensiun, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) mengesahkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.18, yang dikeluarkan oleh IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia), kehadiran PSAK No.18 dapat memberikan kemudahan dana pensiun dalam menyajikan laporan keuangan.

Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan Standar Akuntansi Keuangan Dana Pensiun yang diterapkan pada Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) PTPN XIII (Persero) Pontianak telah sesuai dengan pedoman berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan dan mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) PTPN XIII (Persero) Pontianak belum menerapkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.18. Penelitian ini menggunakan metode berupa studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menguraikan karakteristik tentang keadaan dan sifat-sifat yang sebenarnya dari objek penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses akuntansi yang diterapkan oleh Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) PTPN XIII (Persero) Pontianak  secara keseluruhan telah sesuai dengan PSAK No.18 dilihat dari laporan yang disajikan oleh Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) PTPN XIII (Persero) Pontianak berupa laporan aset neto, laporan perubahan aset neto, neraca, perhitungan hasil usaha, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Dalam proses penerapan PSAK No.18 pada Dana Pensiun Perkebunan (DAPENBUN) PTPN XIII (Persero) Pontianak tidak terdapat faktor-faktor yang menyebabkan belum diterapkannya PSAK No.18.

 

Kata Kunci : Laporan Keuangan, Dana Pensiun, PSAK No.18


Refbacks

  • There are currently no refbacks.