ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PENERAPAN SAK ETAP

Sanil Susanti B41111078

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Penelitian dilakukan pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Tanjungpura. Penelitian ini menggunakan True Experimental dengan design Posttest Only Control Design. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dan kelompok kontrol.

Berdasarkan analisis data menggunakan kuesioner dan soal kasus, dari total 90 sampel, 25,6 % diantaranya belum mengetahui adanya SAK ETAP, 63,3 % pernah mendengar adanya SAK ETAP, dan hanya 11,1 % pernah membaca SAK ETAP. Hasil uji dengan Mann Whitney U Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan SAK ETAP dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura terhadap penerapan SAK ETAPĀ  tidak baik, dan perlu adanya pembelajaran tentang SAK ETAP dalam perkuliahan akuntansi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa.

Kata kunci: Pemahaman, Mahasiswa Akuntansi, SAK ETAP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.