PENGARUH FUNGSI AUDIT INTERNAL TERHADAP FEE AUDITOR EKSTERNAL (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)

Grace Elisa Juniarti B41111090

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keberadaan fungsi audit internal perusahaan terhadap fee auditor eksternal. Audit internal akan menambah kompleksitas dari pekerjaan auditor eksternal dengan adanya tuntutan dari pihak perusahaan untuk menghasilkan kualitas audit yang tinggi, sehingga fee auditor eksternal juga akan meningkat.

Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Hapsari (2013) dan menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan uji regresi, data diuji terlebih dahulu dengan uji asumsi klasik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, fungsi audit internal tidak memiliki pengaruh terhadap fee auditor eksternal. Namun secara simultan, fungsi audit internal berpengaruh positif terhadap fee auditor eksternal. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya struktur governance yang kuat serta didukung oleh ukuran perusahaan, ROA dan DEBT ratio yang baik maka akan cenderung menuntut kualitas audit yang tinggi dan membutuhkan kontrol kinerja yang tinggi pula sehingga perusahaan menggunakan fungsi internal audit dan fee audit yang tinggi secara bersamaan.

 

Kata Kunci: audit internal, fee audit, auditor eksternal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.