IMPLEMENTASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN (STUDI KASUS KEGIATAN SOSIAL PADA PTPN XIII (PERSERO) KEBUN SUNGAI DEKAN)

Efraim Sidabutar B41109016

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas-aktivitas sosial yang dilakukan PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Kebun Sungai Dekan, sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial dilingkungan sekitar perusahaan beroperasi, dan bagaimana menyajikan laporan akuntansi pertanggungjawaban sosial yang telah diterapkan perusahaan tersebut, apakah sudah sesuai dengan pedoman akuntasi Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan sesuai Peraturan Kementerian BUMN tentang laporan aktivitas sosial perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas-aktivitas perusahaan terhadap lingkungan sekitar yang dilakukan PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Kebun Sungai Dekan, berupa kontribusi kemasyarakatan, kontribusi ketenaga kerjaan,  kontribusi kesehatan dan keselamatan kerja. Dalam laporan aktivitas sosial menunjukkan hasil kinerja perusahaan mengalami peningkatan yang menunjukkan kepedulian perusahaan pada lingkungan sekitar semakin tinggi. Penyajian laporan aktivitas sosial perusahaan ini sudah sesuai dengan pedoman akuntasi Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan sesuai Peraturan Kementerian BUMN.

Berdasarkan hasil diatas dapat ditarik kesimpulan, PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Kebun Sungai Dekan, sudah melakukan aktivitas sosial dilingkungan perusahaan seperti yang telah diatur oleh Kementerian BUMN tentang Perseroan Terbatas. Perusahaan juga telah menyajikan laporan aktivitas sosial perusahaan sesuai dengan pedoman akuntasi Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan sesuai Peraturan Kementerian BUMN.

 

Kata kunci: Aktivitas sosial, Tanggungjawab sosial perusahaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.