PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011, 2012, dan 2013

Edy Suchmawan Saputra B41110019

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital terhadap Financial Performance. Dengan menggunakan model Pulic- Value Added Intellectual Capital (VAIC), penelitian ini menguji hubungan antara Intellectual Capital yang disimbolkan dengan Value Added Intellectual Coefficient (VAICTM) serta masing-masing komponennya yaitu Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural Capital Value Added (STVA) dan Financial Performance Return On Asset (ROA).

Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif dan menggunakan data sekunder. Data yang digunakan adalah perusahaan perbankan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011, 2012, dan 2013. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan sampel-sampel yang telah melalui proses purposive sampling. Sampel-sampel dalam penelitian ini menggunakan metode penggabungan data maka dalam hal ini diperoleh sebanyak 24 perusahaan perbankan dikali 3 tahun berjumlah 72 sampel perusahaan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Value Added Capital Employed (VACA) berpengaruh secara parsial terhadap Return On Asset (ROA). Variabel Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural Capital Value Added (STVA) menyatakan bahwa variabel bebas ini tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap Return On Asset (ROA). Jika ditinjau secara simultan maka ketiga variabel bebas Intellectual Capital (VAICTM) yaitu, VACA, VAHU, dan STVA memiliki pengaruh terhadap Return On Asset (ROA).

Kata kunci: Intellectual Capital, Value Added Intellectual Capital (VAICTM), Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA), Financial Performance, Return On Asset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.