ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP ALUR MASUK DAN ALUR KELUAR PERSEDIAAN BARANG DAGANG ALAN MOTOR PONTIANAK

DIAN AGUSTIN B41110061

Abstract


Persediaan merupakan hal yang penting dalam perusahaan dagang, karena persediaan ialah aset yang nilainya paling besar dibanding aktiva lancar lainya dalam neraca perusahaan. Dalam hal pengadaan persediaan, perusahaan biasanya melakukan pembelian dalam jumlah yang besar. Maka dari itu ketelitian dalam hal pencatatan, penilaian dan penetapan harga pokok persediaan sangat dibutuhkan dalam prosedur tersebut dibutuhkan pengendalian intern dari perusahaan itu sendiri yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kelancaran operasional perusahaan.Persediaan suatu perusahaan akan mengalami suatu perubahan. Untuk mengetahui perubahan tersebut diperlukan pencatatan dan penilaian terhadap setiap transaksi.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah sistem pengendalian internal terhadap persediaan alur masuk dan alur keluar barang dagangan Toko Alan Motor sudah memadai.

Sistem pengendalian internal pada Toko Alan Motor tidak efektif, karena masih terdapat kelemahan-kelemahan yang mengakibatkan kelalaian dan kecurangan terjadi didalamnya. Bagian keuangan yang dipegang sendiri oleh pemilik toko tidak membuat jurnal pembelian maupun jurnal pengeluaran, tidak membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Masih adanya perangkapan kerja. Pada waktu penerimaan barang dagang dari supplier, barang tersebut tidak diperiksa secara teliti mengenai kualitasnya maupun kuantitasnya.

 

Kata Kunci : Sistem Pengendaliaan Internal, Persediaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.