ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN YANG LISTING DI LQ45

Arpie Mulyadinata B41110032

Abstract


Corporate social responsibility (CSR) dan profitabilitas merupakan informasi akuntansi pada suatu perusahaan yang diharapkan dapat meningkatkan reputasi perusahaan tersebut. Dengan memperoleh informasi yang relevan mengenai pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas pada laporan tahunan perusahaan diharapkan dapat memberikan informasi tambahan untuk para investor dan dapat digunakan sebagai alat pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dan profitabilitas terhadap reputasi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan uji asumsi klasik dan metode analisis regresi linier berganda (Multiple Regression Analysis). Sampel penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah 30 perusahaan yang terdaftar didalam LQ45 selama tahun 2012-2013. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berupa data annual report pada masing-masing perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility (CSR) memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap reputasi perusahaan, hal ini dapat dilihat dari tingkat signifikansi sebesar 0,236 yang nilainya lebih besar dari taraf nyata sebesar 0,05. Sedangkan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan yang dapat dilihat dari hasil tingkat signifikansi sebesar 0,005 lebih rendah dari taraf nyata sebesar 0,05.

 

Kata kunci : corporate social responsibilty (CSR), profitabilitas, reputasi perusahaan, closing price, analisis regresi linier berganda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.