PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), RETURN ON ASSETS (ROA), DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate and Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Susiana B41111084

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis pengaruh investment opportunity set, retun on assets, dan return on equity terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan real estate and property di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2013. Jumlah perusahaan real estate and property yang dijadikan sampel penelitian ini adalah 22 perusahaan dengan pengamatan selama 3 tahun. Berdasarkan metode purposive sampling, total sampel penelitian adalah 66 laporan keuangan, pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa investment opportunity set dan return on equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan return on assets tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: investment opportunity set, return on assets, return on equity, dan nilai perusahaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.