PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), EARNING PER SHARE (EPS), DAN DIVIDEN PAYOUT RATIO (DPR) TERHADAP STOCK RETURN (SR) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2011-2013

Suryani B41111083

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah EVA, EPS, dan DPR memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Stock Return baik secara parsial maupun simultan. Objek dalam penelitian adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2013 dengan jumlah sampel yaitu 44. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa EVA secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Stock Return. Sedangkan EPS dan DPR tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Stock Return. Secara simultan EVA, EPS, dan DPR tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Stock Return. Sumbangan pengaruh variabel EVA, EPS, dan DPR terhadap Stock Return hanya sebesar 9,7%, sedangkan sebesar 90,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Kata kunci: Economic Value Added (EVA), Earning Per Share (EPS), Dividen Payout Ratio (DPR), Stock Return (SR)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.