AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI KASUS PADA PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA PAL IX KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA)

IZZA KARUNIA PUTRI B51111047

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas pengelolaan dana desa dan apakah pada pengelolaannya sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 37 Tahun 2007. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, kuisioner, observasi langsung, dokumentasi dan studi kepustakaan pada Kantor Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Pal IX Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya sudah dilakukan dengan baik, yaitu mulai dari proses perencanaan dan penganggaran, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban, serta pengawasan. Namun secara administrasi dalam pengelolaannya masih banyak kekurangan terutama dalam proses penatausahaan untuk pertanggungjawaban yang belum sesuai dengan Permendagri No.37 Tahun 2007. Dapat dikatakan pengelolaannya sudah Akuntabilitas namun secara administrasi belum sempurna.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.