Analisis Sistem Informasi Kas pada PT. SAI Indonesia Cabang Pontianak

Shera Ariesty B51110045

Abstract


Dari hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data yang didapat penulis dengan pengamatan, pengisian kuesioner, dan wawancara terhadap karyawan PT. SAI Indonesia Cabang Pontianak, maka kesimpulan yang diperoleh adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memaksimalkan penggunaan program-program Sales Inventory System, Cashbook for Windows, dan ACCPAC maka sistem yang baik dan ideal adalah sebagai berikut :
    1. Menerapkan prosedur penerimaan kas yang telah ditetapkan perusahaan.
    2. Setiap data transaksi dicatat dengan lengkap.
    3. Setiap laporan transaksi harus memiliki lampiran bukti-bukti transaksi aktual dan juga tercatat secara mendetail dalam sistem yang ada.
    4. Setiap transaksi kas yang diterima dicatat pada penerimaan kas berupa laporan harian kasir, dan juga terdata dalam Sales Inventory System, Cashbook for Windows, dan ACCPAC
    5. Semua hasil penerimaan kas yang diperoleh, akan segera disetorkan oleh kasir paling lambat keesokan harinya, serta dicatat dalam laporan harian dilengkapi bukti setorannya.
    6. Selalu memeriksa kelengkapan dan kesesuaian dokumen.
    7. Masing-masing pengguna yang terlibat melakukan penginputan ke dalam sistem komputer yang telah disediakan perusahaan.
    8. Memeriksa kesesuaian dokumen laporan yang dihasilkan dengan hasil input ke dalam sistem.
  2. Proses implementasi desain sistem baru menggunakan model TAM (Technology Acceptance Model) meliputi :
    1. Perceived Ease of Use (PEOU) dengan cara melakukan training secara intensif kepada seluruh karyawan untuk mengenalkan sistem informasi akuntansi perusahaan dan sistem komputerisasi yang akan diterapkan
    2. Perceived Usefulness (PU), dimana perusahaan menyiapkan sistem yang praktis dan sangat mengakomodir kebutuhan dan kelengkapan informasi yang dibutuhkan perusahaan dan tentunya karyawan yang menjalankan operasional perusahaan.
    3. Attitude Toward Using (ATT). Perusahaan melakukan evaluasi secara berkala terhadap dampak dari pemakaian sistem oleh karyawan yang kemudian akan dijadikan masukan untuk perbaikan dan peningkatan demi memaksimalkan kinerja perusahaan.
Acceptance of System (AOS). Perusahaan terus melakukan survey  berkala (biasanya berupa kuesioner) terhadap kepuasan karyawan dan kegunaan sistem bagi kinerja karyawan dan juga perusahaan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.