ANGGARAN MATERIAL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PROYEK CV. SURYA BALAKOSA

Novia Haryanti B41111043

Abstract


Untuk dapat mencapai tujuan perusahaan yakni mendapatkan laba yang maksimum maka perusahaan melakukan perencanaan  dan pengendalian biaya khususnya biaya material. Didalam biaya material penentuan dan taksiran biaya yang akurat dibutuhkan untuk sebuah proyek Pembangunan Tribun Titik Kulminasi. Dimana biaya ini sangat mempengaruhi peningkatan laba ataupun kerugian perusahaan. Adapun tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan jelas mengenai metode penyusunan anggaran material dan untuk mengetahui masalah yang dihadapi perusahaan mengenai  perencanaan dan pengendalian biaya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yakni mengumpulkan dan menjelaskan tentang anggaran material sebagai alat pengendalian biaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara, dokumentasi, dan kuisoner. Data sekunder berupa sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, data anggaran biaya material dan realisasinya.

Hasil penelitian ini menunjukkan anggaran biaya material pada CV. Surya Balakosa telah disusun berdasarkan perkiraan biaya yang berlaku dipasaran. Sehingga perencanaan dan pengendalian biaya harus tetap dilakukan sesuai dengan prosedur penyusunan anggaran material guna lebih meningkatkan efisiensi biaya.

Kata kunci : Anggaran, Biaya Material, Pengendalian, dan Varians


Refbacks

  • There are currently no refbacks.