Pengaruh Analisis Laporan Keuangan Terhadap Pembagian Dividen Tunai (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

MARKUS JOKO B51109049

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh analisis laporan keuangan terhadap kebijakan manajemen dalam hal pembagian dividen tunai pada perusahaan sektor industri kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis rasio keuangan yang digunakan sebagai variabel indevenden yaitu, Current Ratio (CR), Net Profit Margin(NPM), Earning Per Share (EPS), Return On Investment (ROI), sedangkan variabel dependen adalah Kebijakan Dividen yang diukur menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR).

Penelitian ini didesain sebagai suatu studi empiris dan Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif terhadap laporan keuangan selama periode 2011- 2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor industri kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Sampel penelitian dipilih berdasarkan metode purposive sampling, total perusahaan yang dijadikan sampel adalah 15 perusahaan selama tiga tahun. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi berganda.

Berdasarkan hasil uji regresi secara parsial (Uji t) diketahui dari masing-masing variabel independen hanya Current Ratio (CR), yang tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR), sedangkan variabel Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS) dan Return On Investment (ROI) memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kebijakan dividen tunai. Sedangkan secara simultan (Uji F) diketahui secara bersama – sama variabel independen tidak memberikan pengaruh dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen.

Kata Kunci: Laporan keuangan, Current Ratio (CR), Net Profit Margin(NPM), Earning Per Share (EPS), Return On Investment (ROI), Kebijakan Dividen Dividend Payout Ratio(DPR).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.