PENERAPAN STANDAR AKUNTASI KEUANGAN UNTUK ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK-ETAP) PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) BOUTIQUE SAVE FASHION

Ajeng Purwanti B41111034

Abstract


Laporan keuangan berfungsi sebagai alat untuk menganalisis kinerja keuangan yang dapat memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja, dan arus kas, sehingga dapat dijadikan sebagai dasar membuat keputusan-keputusan ekonomi. Penelitian ditujukan pada UKM Boutique Save Fashion yang belum memiliki laporan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dalam penyusunan laporan keuangan pada UKM Boutique Save Fashion dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi UKM dalam menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan penelitian kepustakaan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa UKM Boutique Save Fashion belum sepenuhnya mematuhi dan belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Kendala-kendala yang dihadapi oleh UKM dalam penerapan laporan keuangan yaitu karena kurangnya pengetahuan secara teknis dalam menyusun laporan keuangan, tidak adanya penyuluhan mengenai bagaimana cara penerapan SAK ETAP pada UKM dan tidak adanya pengawasan dari pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan UKM.

Kata Kunci : Laporan Keuangan, SAK ETAP, UKM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.