Seminar Kesadaran Kesehatan Mental Dalam Pembentukkan Karakter Siswa Pada SMAN 6 Pontianak Tahun 2023

Amallia Putri, Luhur Wicaksono, Yuline Yuline, Halida Halida, Ana Fergina

Abstract


Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk membekali siswa untuk mengenal dan memahami mengenai kesadaran kesehatan mental dalam membentuk karakter, memberikan wawasan tentang pentingnya kesehatan mental, memberikan kiat-kiat pada siswa yang mengalami permasalahan kesehatan mental. Pemahaman kesehatan mental sangat penting bagi peserta didik di sekolah menengah atas agar mereka dapat menjaga kesehatan mental mereka, menghadapi tantangan hidup dengan baik, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Oleh karena itu, dirasakan sangat perlu dilakukan seminar kesehatan mental dalam membentuk karakter siswa sebagai kegiatan pengabdian di kalangan remaja pada jenjang sekolah menengah atas. Pelaksanaan seminar kesehatan mental dilakukan dengan memberikan materi pokok yaitu : a). Materi Pengenalan Tentang Kesehatan Mental, dan b). Macam-macam permasalahan kesehatan mental disekolah dan kiat menanggulanginya. Setelah kegiatan diharapkan siswa dapat memahami konsep kesehatan mental, dapat mencegah hal-hal yang akan berdampak pada permasalahan mental, serta dapat menyelesaikan permasalahan terkait mental dengan kiat-kiat yang sudah diberikan. Peserta seminar yang terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat program studi bimbingan dan konseling berjumlah 3 kelas dengan siswa sebanyak 66 orang, didampingi oleh 2 guru BK, 5 dosen BK dan 1 staf program studi BK serta 3 mahasiswa Prodi BK.

Keywords


Seminar; Kesehatan Mental; Karakter siswa

Full Text:

PDF

References


Adityawarman, I. (2010). Sejarah Perkembangan Gerakan Kesehatan Mental. Jurnal Dakwah dan Komunikasi. 4 (1), 91-110. doi: 1978-1261.

Busari (2012). Academic stress among undergraduate Studens: Measuring the effects of stress inoculation techniques. Journal of Social Science, 5(27). 599-699.

Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kartono, K. (2000). Hygiene Mental. Jakarta : CV. Mandar Maju.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/djpkm.v1i3.72849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amallia Putri, Luhur Wicaksono, Yuline Yuline, Halida Halida, Ana Fergina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Digulis: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat published by

Department of Social Sciences Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Tanjungpura
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.