Workshop Upaya Guru Sosiologi Meningkatkan Kompetensi Sosial (Studi di SMA Swasta Se-Kota Pontianak)

Iwan Ramadhan, Imran Imran, Suriyanisa Suriyanisa

Abstract


Tujuan kegiatan workshop sekaligus penelitian berbentuk survei ini dilakukan terhadap beberapa sekolah swasta se-kota Pontianakadalah untuk mengetahui kompetensi sosial guru-guru Sosiologi. Diantaranya kemampuan guru Sosiologi dalam berkomunikasi secara lisan, tulisan, isyarat, kemampuan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional, kemampuan berinteraksi secara efektif dengan orang lain. siswa, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali, dan kemampuan bersosialisasi sopan dengan masyarakat sekitar di SMA Swasta Pontianak di Pontianak. Workshop sekaligus penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan survei perbandingan, pendekatan kualitatif dalam penelitian ini lebih bersifat natural, deskriptif, dan induktif, dengan menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasidan. Hasil penelitian berbentuk survei ini obyek penelitian terdiri dari guru Sosiologi dan peserta didik secara umum, yang memenuhi kriteria kompetensi sosial yaitu mempunyai komunikasi yang baik baik lisan, tulisan, dan isyarat, mampu menguasai teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional, mempunyai kemampuan memperoleh informasi. bergaul secara efektif dengan siswa, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali, dan mampu bersosialisasi secara sopan dengan masyarakat sekitar di SMA Swasta Pontianak.

Keywords


Kompetensi Sosial; Guru Sosiologi; Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF

References


Arti, C. A. K., Ramadhan, I., Asriati, N., & Al Hidayah, R. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model CTL Berbasis Aplikasi Google Classroom di SMA Negeri 8 Pontianak. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 176–187.

Hidayat, A., Salim, I., & Ramadhan, I. (2021). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MA ALMUSTAQIM. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(4).

Imran, I., Okianna, O., Ramadhan, I., Al Hidayah, R., Ismiyani, N., Prancisca, S., ... & Solidah, S. N. (2022). Penerapan Literasi Berbasis IT dalam Pembelajaran Melalui Media E-Book di SMPN 7 Sungai Raya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5018–5020.

Nurwidawati, D. (2023). Menyusun Konstruk Kompetensi Sosial Guru Menggunakan Model Rasch dan Analisis Faktor. Journal on Teacher Education, 4(3), 804–815.

Ramadhan, I. (2020). Work Character Value in Preparation for Work in Industrial World on Students of SMKN 1 Pontianak. International Journal of Learning and Instruction (IJLI), 2(1). https://doi.org/10.26418/ijli.v2i1.40713

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Ramadhan, I., Salim, I., & Supridi. (2018). Pengaruh Pendidikan Multikultural Dan Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Toleransi Siswa Sma Pancasila Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2).

Rina, R., Asriati, N., & Ramadhan, I. (2021). PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IIS SMAS SANTUN UNTAN PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(6).

Wahyuni, E., Hambali, H., & Hardian, M. (2023). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa di SMAN 1 Pangean. Journal on Teacher Education, 4(3), 443–455.




DOI: https://doi.org/10.26418/djpkm.v1i2.72591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iwan Ramadhan, Imran Imran, Suriyanisa Suriyanisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Digulis: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat published by

Department of Social Sciences Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Tanjungpura
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.