Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Oleh Guru di Era Milenial Pada Siswa SMP Negeri 3 Sungai Raya
Abstract
Tujuan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan sosialisasi pada guru-guru di SMP Negeri 3 Sungai Raya, tentang Penguatan Pendidikan Karakter di era milenial sekarang ini, yang nantinya akan diajarkan kepada siswa-siswinya, baik selama pembelajaran dilingkungan sekolah maupun pembelajaran di lingkungan masyarakat pada umumnya. Untuk itu program pengabdian masyarakat untuk memberikan wawasan terkait penguatan pendidikan karakter yang semakin di galakkan oleh pemerintah, tentunya sangat penting sekali peran guru dalam memberikan perubahan terhadap anak bangsa kedepannya. Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2020 di ikuti oleh 25 peserta yaitu guru-guru dari SMP Negeri 3 Sungai Raya, Kubu Raya, pelaksanaan kegiatan yaitu pembukaan oleh tim dosen dan kepala sekolah yang dilanjutkan dengan penyampaian materi, kemudian sesi tanya jawab dan terakhir sesi terakhir foto bersama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mulyasa. (2016). Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan metode problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352
Ramadhan, I., Rusdiana, R., & Sulistyarini, S. (2021). Analisis Proses Belajar Mengajar Bebasis Literasi Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1), 1–9.
Ramadhan, I., Salim, I., & Supridi. (2018). Pengaruh Pendidikan Multikultural Dan Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Toleransi Siswa Sma Pancasila Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2).
Sunhaji. (2016). The Implementation of Integrated Learning in the Islamic Religion Education as to Grow the Religiosity and Faith of Learners. International Journal of Humanities and Social Science.
Yuliana, R. (2021). Pengaruh pembelajaran daring dan fasilitas penunjang terhadap kinerja guru dan hasil belajar siswa. Jurnal Lipnas, 3(2), 1–18.
DOI: https://doi.org/10.26418/djpkm.v1i2.69209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Imran Imran, Iwan Ramadhan, Riama Al Hidayah, Wanto Rivaie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Digulis: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat published by
Department of Social Sciences Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Tanjungpura
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.