Workshop Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Diri Guru-Guru di SMAN 10 Pontianak

Ika Rahmatika Chalimi, Haris Firmansyah, Astrini Eka Putri, Edwin Mirzachaerulsyah, Andang Firmansyah, Hadi Wiyono

Abstract


Tujuan umum dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan dapat meningkatnya pengembangan diri guru melalui penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas. Dalam kegiatan ini yang menjadi sasaran yang strategis adalah guru-guru di SMAN 10 Pontianak. Penentuan masyarakat sasaran yang direkrut berdasarkan kelompok kerja guru di Kota Pontianak. Khalayak sasaran pada kegiatan workshop penyusunan laporan penelitian tindakan kelas untuk pengembangan guru-guru SMAN 10 Pontianak adalah guru-guru di SMAN 10 Pontianak. Dengan jumlah guru yang menjadi sasaran sebanyak 20 orang. Penentuan masyarakat sasaran yang direkrut berdasarkan kelompok kerja guru di Kota Pontianak. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 4 jam dengan sistem blok waktu yakni 2 jam teori dan 3 jam praktikum (pendampingan penulisan proposal). Adapun metode yang digunakan dalam PKM ini adalah worsshop yang dibagi dalam beberapa kegiatan yakni pemberian materi, pendampingan dan evaluasi kegiatan PKM untuk guru SMAN 10 Pontianak. Adapun mekanisme pelaksanaan kegiatan dibagi dalam 2 (dua) sesi yakni: Sesi Pertama, mencakup penyampaian teori prosedur PTK; dan Sesi Kedua, mencakup teori dan praktik pembuatan proposal PTK; Mendampingi guru dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui saat melaksanakan PTK serta mengisi sistematika laporan PKM yang telah disediakan.

Keywords


Guru; Pembelajaran; Penelitian Tindakan Kelas.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agetania, N. L. P., Marlinda, N. L. P. M., Setiawan, I M. D., Fortuna, I K. A. D., Thalib, E. F., Permana, I P. H., Suryana, I P. G. E., Widiyaningsih, N. N., dan Masw ari, K. L. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD Negeri 5 Padangsambian. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4(1): 378-385.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Astutik, S., Subiki, dan Bektiarso, S. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 54-62 DOI: https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5 Chairunnisa, dkk. 2020

Budiman, J., Firmansyah, H., Wiyono, H., Ramadhan, I., & Adlika, N. M. (2021). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sma Swasta Pelita Raya. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 253-264.

Dariyanto, D., Suharjuddin, S., & Awiria, A. W. (2021). Pelatihan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas di SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi. Jurnal IPMAS, 1(2), 59–66. http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/11761%0Ahttp://repository.ubharajaya.ac.id/11761/1/JURNAL ABDIMAS PTK J.IPMAS 2021 %281%29.pdf

Dihamri, Haimah, dan Srifitriani, A. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SD Negeri di kecamatan Sukaraja kabupaten Seluma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), pp. 60-66. DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i1.431

Ermiana, I., Affandi, L. H., & Kusuma, A. S. H. M. (2019). Workshop Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Lesson Study (LS) Di SD Negeri 15 Cakranegara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Fitria, Kristiawan, & Rahmat, (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimasunwahas Jurnal Pengabdian Masyarakat Unwahas. Volume 4, No. 01, Tahun 2019 DOI: http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Jannah, F., Fahlevi, R., & HB N CZ erdawati, L. (2019). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Negeri Hujan Amas 2 terhadap Penelitian Tindakan Kelas sebagai Inovasi Pembelajaran. -, 5(2), 63-68.

Nasirun, M., Indrawati, I., & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1),0 26-36.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) Nomor 16 Tahun 2009

Pramswari, L. P. (2016). Persepsi guru SD terhadap penelitian tindakan kelas. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 53-68.

Sanapiah, S., Sukarma, I. K., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Pujilestari, P., Kurniawan, A., Muzaki, A., & Nurdin, N. (2020). WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU DI MTsN 1 ALAS. Abdi Masyarakat, 2(1), 66–70. https://doi.org/10.36312/abdi.v2i1.1472

Taniredja, T., Pujiati, I., Nyata. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26418/djpkm.v1i1.66197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ika Rahmatika Chalimi, Haris Firmansyah, Astrini Eka Putri, Edwin Mirzachaerulsyah, Andang Firmansyah, Hadi Wiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Digulis: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat published by

Department of Social Sciences Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Tanjungpura
Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.