Analisis Sektor Unggulan dan Pergeseran Ekonomi Berdasarkan Sektor Lapangan Usaha Di Kabupaten Tanah Bumbu

Tasfin Thoriq

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui sektor unggulan dan pergeseran sektor lapangan usaha di Kabupaten Tanah Bumbu dalam kurun waktu Tahun 2012 hingga Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu berupa data kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dari masing-masing sektor lapangan usaha di Kabupaten Tanah Bumbu dalam kurun waktu Tahun 2012 hingga Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan ialah analisis Location Quotient (LQ) dan analisis Shift-Share. Dari hasil penghitungan analisis Location Quotient (LQ) menunjukkan bahwa hanya terdapat 2 sektor unggulan di Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, dan Sektor Pertambangan dan Penggalian. Sedangkan dari hasil penghitungan analisis Shift-Share menunjukkan dari 17 sektor lapangan usaha, terdapat 7 sektor yang masuk dalam kategori pertumbuhan pesat, 2 sektor masuk dalam kategori berkembang, 6 sektor dalam kategori berpotensi, dan 2 sektor masuk dalam kategori terbelakang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Tanah Bumbu mengalami pergeseran struktur ekonomi yaitu dari Sektor Pertambangan dan Penggalian ke Sektor Jasa yang diikuti dengan Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan dan Sektor Industri Pengolahan.

 

Keywords


pergeseran ekonomi; sektor unggulan; shift-share; location quotient (LQ); Tanah Bumbu.

Full Text:

PDF

References


Muta'ali, L. (2015). Teknik Analisis Regional Untuk Perencanaan Wilayah, Tata Ruang dan Lingkungan. Penerbit: BPFG Universitas Gadjah Mada.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan. (2013 - 2022). Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Kalimantan Selatan. Tersedia di: https://kalsel.bps.go.id/.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Bumbu. (2013 - 2022). Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Tanah Bumbu. Tersedia di: https://tanahbumbukab.bps.go.id/.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/uniplan.v5i1.76158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Uniplan: Journal of Urban and Regional Planning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
Email: [email protected]