Kajian Perubahan Tutupan Lahan Terbangun di Daerah Peri Urban Kabupaten Kendal
Abstract
Abstrak: Peningkatan kebutuhan ruang suatu kota menandakan bahwa adanya pertumbuhan dan perkembangan dari suatu kota. Pertumbuhan suatu kota juga diikuti dengan adanya peningkatan jumlah penduduk dan juga intensifikasi maupun ekstensifikasi penggunaan lahan kota tersebut. Kabupaten Kendal menjadi salah satu daerah yang mengalami pertumbuhan dengan didukung oleh lokasi strategisnya yang berada di jalur utama Pantura dan berbatasan langsung dengan kota besar seperti Kota Semarang. Khususnya pada Kecamatan Kaliwungu yang merupakan daerah peri-urban dan menjadi incaran masyarakat untuk dikonversi menjadi lahan terbangun. Adanya Pelabuhan Kendal dan Kawasan Industri Kendal (KIK) juga menjadi faktor peningkatan perubahan lahan yang diiringi dengan pertumbuhan penduduk di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan tutupan lahan yang terjadi di peri urban Kabupaten Kendal pada rentang waktu 2015-2021. Metode penelitian memanfaatkan data primer dan sekunder yang diperoleh dengan cara studi literatur dan dokumentasi yang kemudian diolah menggunakan Sistem Informasi Geografi (SIG) serta diidentifikasi dengan teknik analisis interpretasi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan lahan yang cukup signifikan berupa peningkatan lahan terbangun di seluruh desa yang berada di Kecamatan Kaliwungu yang disertai dengan peningkatan jumlah penduduk. Jalur Pantura, Pelabuhan Kendal dan Kawasan Industri Kendal (KIK) menjadi faktor utama yang menyebabkan perubahan terjadi cukup signifikan dalam rentang waktu 2015-2021.
The increasing spatial needs of a city indicate its growth and development. The growth of a city is accompanied by an increase in the population and the intensification and extensification of land use within the city. Kendal Regency is one of the regions experiencing growth, supported by its strategic location on the main Pantura route and its direct proximity to major cities like Semarang. Particularly, in Kaliwungu Sub-district, which is a peri-urban area and a target for conversion into built-up land. The presence of Kendal Port and Kendal Industrial Park (KIK) also contributes to the increasing changes in land use, accompanied by population growth in the region. This research aims to identify changes in land cover in the peri-urban area of Kendal Regency during the period 2015-2021. The research method utilizes primary and secondary data obtained through literature study and documentation, which is then processed using Geographic Information Systems (GIS) and identified through visual interpretation analysis. The research results indicate significant changes in the form of increasing built-up land in all villages within the Kaliwungu Sub-district, accompanied by an increase in the population. The main factors causing these changes to occur significantly within the period of 2015-2021 are the Pantura route, Kendal Port, and Kendal Industrial Park (KIK).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bachtiar, F., Sidharta, A., Rejeki, V. S., Tarigan, R., & Ardiyanto, A. (2022). De Groote Postweg Sebagai Pemicu Perubahan Struktur Kota Di Jawa Bagian Barat. Arsitekta : Jurnal Arsitektur Dan Kota Berkelanjutan, 4(02), 54–62.
Bantali, A., & Arianingsih, I. (2020). Analisis Spektral Trembesi (Samanea Saman Jacq Merr) Menggunakan Citra Spot 6 Di Kampus Universitas Tadulako Tondo Palu. Jurnal Warta Rimba, 8(3), 235–239.
Bashit, N., Prasetyo, Y., Sukmono, A., & Wicaksono, W. (2019). Kajian Perkembangan Lahan Terbangun Kota Pekalongan Menggunakan Metode Urban Index (Ui). Elipsoida : Jurnal Geodesi Dan Geomatika, 2(02), 12–18.
BPS Kabupaten Kendal. (2022). Kecamatan Kaliwungu Dalam Angka. BPS Kabupaten Kendal
Dzakiya, M. N., Subiyanto, S., & Janu Amarrohman, F. (2019). Analisis Perkembangan Dan Pola Permukiman Di Wilayah Kecamatan Perbatasan Kota Semarang Dan Kabupaten Kendal. Jurnal Geodesi Undip, 8(4), 123–132.
Fadhlurrohman, B., Prasetyo, Y., & Bashit, N. (2020). Studi Penurunan Muka Tanah Di Kawasan Industri Kendal Dengan Metode Permanent Scatterer Interferometric Synthetic Aperture Radar (Ps Insar) Menggunakan Citra Sentinel 1-A Tahun 2014-2019. Jurnal Geodesi Undip, 9(2), 155–166.
Fariz, T. R., Jatmiko, R. H., Mei, E. T. W., & Lutfiananda, F. (2023, May). Interpretation on aerial photography for house identification on landslide area at Bompon sub-watershed. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2683, No. 1). AIP Publishing.
Fariz, T. R., & Nurhidayati, E. (2020). Mapping Land Coverage in the Kapuas Watershed Using Machine Learning in Google Earth Engine. Journal of Applied Geospatial Information, 4(2), 390-395.
Febria, A. (2017). Dampak Pembangunan Pelabuhan Pada Pemanfaatan Lahan Di Pelabuhan Kend. Jurnal Departemen Pembangunan Wilayah Universitas Gajah Mada Yogyakarta, 1–14.
Kinanti, A. A., Ayu, I. I. P., & Sulistyoningsih, T. (2022). Dampak Dari Fenomena Urban Sprawl Terhadap Penggunaan Ruang Terbuka Hijau Di Perkotaan (Studi Kasus Di Kota Malang). Jurnal Inovasi Dan Kreativitas (Jika), 2(1), 69–78.
Lam’aa’sania, S. L., & Abidin, A. Z. (2023). View Of Study Of Community Perceptions Of The Development Of Kendal Industrial Area, Central Java Province. Jurnal Ekonomi, 12(2), 505–512.
Mardianto, A. V., Kombaitan, B., Purboyo, H., & Hudalah, D. (2017). Perkembangan Kawasan Permukiman Di Kawasan Mebidang. Jurnal Koridor, 8(2), 118–125.
Murni Setyoningsih, W., & Silviana, A. (2022). The Policy On The Granting Of The Policy On The Granting Of Permits For Change Of Land Use (Ippt) In The Context Of Transfer Of Use Of Agricultural Land To Equitable Residential Houses. Jurnal Daulat Hukum, 5.
Nugroho, I. S., Yuliani, E., & Kautsary, J. (2022). Fenomena Urban Sprawl Terhadap Faktor-Faktor Perubahan Penggunaan Lahan Di Pinggiran Kota. Uniplan: Journal Of Urban And Regional Planning, 3(1), 1–8.
Permatasari, R. W., Okto, W., Maghribi, B., & Putri, F. A. (2020). Analisis Dampak Fenomena Urban Sprawl Dan Strategi Dalam Mengurangi Jumlah Polusi Udara Di Kota Yogyakarta.
Pradana, B., Ariani, N. M., & Pugara, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Lahan Terhadap Suhu Permukaan Di Kabupaten Pekalongan Tahun 2020. Kajen: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembangunan, 4(02), 92–100.
Putra, J., & Tajudin, A. N. (2021). Desain Ulang Dan Analisis Respons Struktural Perkerasan Lentur Pada Jalan Pantura Ruas Tangerang-Serang. Jmts: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 4(1), 23–32.
Rizkyanto, I., Sanjoto, T. B., & Arifien, M. (2020). Prediksi Perkembangan Lahan Terbangun Kota Pekalongan Dengan Model Cellular Automata Menggunakan Sistem Informasi Geografis. Geo-Image, 9(1), 1–7.
Sadewo, M. N., & Buchori, I. (2018). Simulasi Perubahan Penggunaan Lahan Akibat Pembangunan Kawasan Industri Kendal (Kik) Berbasis Cellular Automata. Majalah Geografi Indonesia, 32(2), 142–154.
Santosa, N. S., P Sitorus, S. R., & Sobandi, R. (2012). Analisis Keberlanjutan Kawasan Permukiman Perkotaan Cisauk Di Das Cisadane Sustainable Analysis Of Cisauk Urbanized Settlement At Cisadane River Basin. Jurnal Permukiman, 7(2), 88–94.
Sari, R. W., Yuliani-255, E., Dampak, I., Lahan, A. F., Ke, P., Pertanian…, N., Fungsi, A., Pertanian, L., Non, K., Untuk, P., Rizqi, P., Sari, W., & Yuliani, E. (2022). Identifikasi Dampak Alih Fungsi Lahan Pertanian Ke Non Pertanian Untuk Perumahan. Jurnal Kajian Ruang, 1(2), 255–269.
Sultan, H., Rahmalidya, A., Shopura, A. W., Akmal, M. R., Fariz, T. R., Haryadi, H., & Lutfiananda, F. (2022). Analysis of Land Cover Change and Projection of Settlement Land in Sepaku District, North Penajam Paser Regency. Journal of Environmental and Science Education, 2(2), 64-70.
Sutanto. (2016). Metode penelitian penginderaan jauh. Yogyakarta : Ombak.
Widodo, B. W. (2020). Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal Dalam Pengembangan Pelabuhan Kendal. Journal Of Politic And Government Studies, 9(04), 136–148.
DOI: https://doi.org/10.26418/uniplan.v4i2.68456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Uniplan: Journal of Urban and Regional Planning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
Email: uniplan@untan.ac.id