MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI MEMAHAMI TEKNIK DAN GAYA MENYANYI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM POSING LEARNING
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII pada materi memahami teknik dan gaya menyanyi lagu daerah. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahami teknik dan gaya menyanyi lagu daerah menggunakan model Problem Posing Learning di kelas VIII B SMP Negeri 2 Mempawah Timur. Penelitian ini dipaparkan dalam bentuk deskriptif, yaitu mendeskripsikan hasil analisis peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Posing Learning.. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi langsung. Konsep model pembelajaran Problem Posing Learning yakni, diskusi, presentasi, konfirmasi, dan evaluasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi memahami teknik dan gaya menyanyi lagu daerah. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas yaitu kelas VIII B. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar pada tiap siklusnya. Pada siklus ke I yaitu 50 % dan pada siklus ke II yaitu 95 % , sehingga terjadi peningkatan sebesar 45 %. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahami teknik dan gaya menyanyi lagu daerah.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Problem Posing Learning, Teknik dan Gaya Menyanyi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Binham. 2012. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Internet.
Bistari. (2015). Mewujudkan Penelitian Tindakan Kelas (Kenaikan Pangkat Bagi Guru). Pontianak : Pt Ekadaya Multi Inovasi
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka.
Hamruni.2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Hamzah,Upu. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika, Bandung: Pustaka Ramadhan.
Hobri. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif . Jember: CSS.
Indri, Puspitasari. 2014. “Penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dalam Upaya Peningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa pada Peserta Didik Kelas III SDN Kragilan 2 Sragen Tahun 2014”. Skripsi. Surakarta: UMS (Tidak Dipublikasikan).
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung: Gaung Persada Press.
Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. (1999). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Pustaka.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Zaini, Hisyam, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development) Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.
DOI: https://doi.org/10.26418/tacet.v1i1.59577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TACET Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni published by
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
CP : 082354139587
This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.