KAJIAN MUSIK IRINGAN SRAKALAN PADA ACARA RESEPSI PERNIKAHAN DI KECAMATAN SELAKAU KABUPATEN SAMBAS

Reza Satria, Miyanti Miyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan pola tabuhan musik iringan Srakalan pada acara resepsi dan bentuk penyajian musik iringan Srakalan pada acara resepsi pernikahan. Penelitian ini menggunakan metode disktiptif dan bentuk penelitian yang dilakukan adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan etnomusikologi dengan teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan empat bentuk pola tabuhan yaitu tabuhan awal, ragam 1, ragam 2, dan ragam 1’ dengan skema A, B, C, B’. Alat musik yang dimainkan adalah instrumen perkusi sebagai musik iringan Srakalan dengan ekspresi yang terdiri dari Andante con Espresso di bagian A dan B, Agitato di bagian C, dan Animoso Con Brio di bagian B’ sampai selesai, serta tempo Andante di bagian A dan tempo Moderato di bagian B, C, dan B’.

 

Kata kunci: Musik Iringan, Srakalan, Resepsi Pernikahan


Full Text:

PDF

References


REFERENCES

Fahri, Zainal. 2015. Rahasia Jago Keyboard Secara Otodidak Tanpa Guru. Jakarta: Lembar Pustaka Indonesia

Hendro. 2004. Cara Praktis Berimprovisasi pada Keyboard. Jakarta: Puspa Swara

Hermawan, Deni. 1990. Tabuhan Kacapi Tembang Sunda Cianjuran: Tinjauan Musikologis terhadap Teknik dan Gaya Tabuhan Permainan Uking Sukri. Skripsi Sarjana. Medan : Etnomusikologi USU.

Merriam, Alan P. The Study of Etnomusicology, dlm Antropology of Music, Bloomington : Northwestern University Press, 1987.

Mustika, Dina. 2014. Analisis Musik Kesenian Hadrah Melayu Pontianak Kalimantan Barat. Universitas Tanjungpura.

Nursantara. 2007. Seni Budaya SMA Kelas X. Bekasi. Penerbit Erlangga.

Pabali. 2008. Latar Belakang Sosial Politik Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah Ahmad Khatib Sambas (1802-1878). Disertasi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



TACET: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Kajian Seni

has been Indexed by:

 

       


TACET: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Kajian Seni published by

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : -



This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.