ANALYSIS OF MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY OF CLASS VII STUDENTS SMP IT MUTIARA GLOBAL ON SOCIAL ARITHMETIC MATERIALS

Wiwik Julia Fitri, Kartini Kartini

Abstract


The purpose of this research is to describe student’s mathematical problem solving abilities, especially in social arithmetic material uses descriptive research method. This research uses descriptive method. The subjects were class VII students of SMP IT Mutiara Global Pekanbaru as many as 15 even semester students for the 2020/2021 academic year. Written instruments test of KPMM with 3 questions and 4 aspects of KPMM according to Polya were used in this research. From this research, the average indicator of understanding the problem is 91.85%, planning solution is 51.11%, completing solution plan is 75.55%, and interpreting the results is 37.78%. Student’s KPMM of SMP IT Mutiara Global Pekanbaru class VII are included in medium criteria with an average value of 64.07%. The results of research showed that students have not experienced working on non-routine questions (different), and need to be accustomed to working on non-routine questions to train students' KPMM.

Keywords


Mathematical problem solving; social arithmetic

Full Text:

PDF

References


Akbar. P., Hamid. A., Bernard. M., & Sugandi. A. I. (2018) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1). 144-153.

Andayani. F., & Lathifah. A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Meneyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1). 1-10.

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Badrulaini., Zulkarnain., & Kartini. (2020). Pengembangan Perangkat Pembalajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA. Juring: Journal of Research in Mathematics Learning. 3(4):343-356.

Bernard. M., Nurmala. N., Mariam. S., & Rustyani. N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education. 2(2):77-83.

Erman, Suherman. (2003) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA UPI. Bandung.

Erfani. G. A., Rokhman. M. S., & Sholikhakh. R. A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Menurut Polya. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 11(2):306-314.

Fatmala. R. R., Sariningsih. R., & Zhanty. L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1). 227-236.

Fitria, R (2018). Analisis Kemampuan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(4). 786-792.

Halim. F., & Rasidah. N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmetika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2):35-44.

Hidayah. S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Vol.1. 182-190.

Husna., Ikhsan. M., & Fatimah. S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang. 1(2): 81-92.

Latifah. U. H., & Widjajanti D. B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Statistika dan Peluang Berbasis Multiple Intelligences berorientasi pada Prestasi, Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (2), 176-185.

Lestari. K. E., & Yudhanegara. M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama. Bandung.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPN Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 166–175.

Mulyani. N., & Hanifah. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi aritmetika Sosial. Prosiding Sesiomadika 22. 469-477.

Nasution. M. D., & Oktaviani. W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma. 1(1):1-13

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics. Inc.

Nahdi. D. S., & Cahyaningsih. D. S. (2019). Pengembangan Perangkat Matematika SD Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang berorientasi Pada kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas .5(1):1-7.

Nuryana. D., & Rosyana. T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1):11-20.

Purwosusilo, P. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran React (Studi Eksperimen Di SMK Negeri 52 Jakarta). Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 209674.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90.

Rokhimah. S. (2015). Analisis eksalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial KElas VII Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Setyono. D., & Sutarni. S. (2013). Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 65-74.

Suraji., Maimunah., & Saragih. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal Of Mathematics Education. 4(1):9-16.

Susanti. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa MTs melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2):92-101.

Ulva. E., Maimunah., & Murni. A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN Se-Kabupaten Kuantan Singingi Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2): 1230-1238.

Ulvah, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan. 2(2), 142-153.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.

Yuliastuti. M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Aritmatika sosial pada Siswa SMP Kelas VII dengan Pendekatan Saintifik. Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang.

Yunia. N., & Zanthy. L. S. (2020). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmetika Sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika. 5(1):105-116.

Yustianingsih. R., Syarifuddin. H., & Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 1(2): 258-278.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v13i1.47832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats