IMPLEMENTATION OF VIBRATION AND WAVES MODULE BASED ON STEM EDUCATION TO IMPROVE HIGHER-ORDER THINKING ABILITY VIEWED FROM STUDENT'S SELF CONFIDENCE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika Stem Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1-10.
Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).
Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). In Jakarta: Bumi Aksara.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170-176.
Duran, M., & Sendag, S. (2012). A Preliminary Investigation into Critical Thinking Skills of Urban High School Students: Role of an IT/STEM Program. Creative Education, 3(2), 241-250.
Erdogan, I., & Ciftci, A. (2017). Investigating the Views of Pre-Service Science Teachers on STEM Education Practices. International Journal of Environmental and Science Education, 12(5), 1055-1065.
Firman, H. (2016). Pendidikan Stem Sebagai Kerangka Inovasi Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Prosiding seminar nasional kimia dan pembelajarannya. FMIPA Universitas Negeri Surabaya.
Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). Implementasi Model Pjbl-Stem untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1-6.
Herschbach, D. R. (2011). The STEM initiative: Constraints and challenges. Journal of STEM Teacher Education, 48(1), 96-122.
Karmini. (2020). Statistik Non-Parametrik. Samarinda: Mulawarman University Press
Lasi, H., Fettke, P., Kemper, H. G., Feld, T. & Hoffmann, M. (2014). Industry 4.0. Business & Information Systems Engineering, 6(4), 239.
Liu, W., Dong, Y., Chiclana, F., Cabrerizo, F. J., & Herrera-Viedma, E. (2017). Group Decision-Making Based On Heterogeneous Preference Relations With Self-Confidence. Fuzzy Optimization And Decision Making, 16(4), 429-447.
Lukitasari, M., Handika, J., & Murtafiah, W. (2018). Higher Order Thinking Skills: Using E-Portofolio in Project-Based Learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics Conf. Series, 983, 012047.
Mandini, G. W., & Hartono, H. (2018). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTS Model TIMSS dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 148-157.
Murnawianto, S., Sarwanto., & Rahardjo, S.B. (2017). Stem-Based Science Learning In Junior High School: Potency For Training Students’ Thinking Skill. Jurnal Pancaran Pendidikan, 6(4), 69-80.
Mustofa, I. (2016). Jendela Logika dalam Berfikir; Deduksi dan Induksi sebagai Dasar Penalaran Ilmiah. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2), 1-21.
Mustofa, M. H. (2016). Penerapan Pendekatan Entrepreneural Science Thinking (Escit) Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Listrik Dinamis (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nabilah, S., Anwar, Y., & Riyanto, R. (2019). Motoric Mechanism with Problem-Based Learning: Impact on Students’ Higher-Order Thinking Skills. Biosphere: Journal of Biology Education/ Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 182– 193
Neugebauer, R., Hippmann, S., Leis, M., & Landherr, M. (2016). Industrie 4.0-From the Perspective Of Applied Research. Procedia CIRP, 57, 2-7.
Nilasari, A., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2020). Analisis Self-Confidence Dan Hasil Belajar Matematika Sma Dalam Kurikulum Berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 433-439.
Nugraha, A. W., & Syafi’ah, R. (2020). Pengembangan Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Science, Technology, Engineering, Math (STEM) untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS) Mahasiswa. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2), 1-9.
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi Dalam Pembelajaran Sains. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3, 23-34.
Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, (2), 85339.
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7-11.
Ratri, D. K. (2019). Pengaruh pembelajaran STEM berbasis inkuiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 1 Pesanggrahan materi fluida dinamis (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Retnawati, H. (2016). The Challenges of Junior High School Mathematic Teachers in Implementing the Problem-Based Learning for Improving the Higher-Order Thinking Skills. Online Journal of Counseling & Education, 5(3).
Rosdianto, H. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(2), 66.
Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). Pembelajaran IPA SD Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) Menjawab Tuntutan Pembelajaran Di Abad 21. In Seminar Nasional PGSD Unimed, 2(1), 246-311.
Rubmann, M., Lorenz, M., Gerbert, P., Waldner, M., Justus, J., Engel, P. & Harnisch, M. (2015). Industry 4.0: The Future Of Productivity And Growth In Manufacturing Industries. Boston Consulting Group, 14.
Safitri, Y., Mayasari, T., & Handhika, J. (2019, March). Interdiciplinary Stem Module Of Guitar Based Scientific Literacy: Modul Stem Pada Gitar Berbasis Literasi Sains. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 109-115.
Saido, G. A. M., Siraj, S., Dewitt, D., & Al-Amedy, O. S. (2018). Development Of An Instructional Model For Higher Order Thinking In Science Among Secondary School Students: A fuzzy delphi approach. International Journal of Science Education, 40(8), 847–866.
Sarwi., Rusilowati, A., & Khanafiyah, S. (2012). Implementasi Model Eksperimen Gelombang Open-Inquiry untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).
Schmidt, R., Möhring, M., Härting, R. C., Reichstein, C., Neumaier, P. & Jozinović, P. (2015). Industry 4.0-Potentials For Creating Smart Products: Empirical Research Results. International Conference On Business Information Systems, 16-27.
Scoot, C. (2012). An Investigation Odd Science Technology Engineering And Mathematics (Stem) Focused High Scools In The U.S.
Journal of Stem Education,13(5), 30-39.
Scott, D., & Usher, R. (2010). Researching Education: Data, Methods And Theory In Educational Enquiry. Bloomsbury Publishing.
Sudirman, S., Kistiono, K., & Taufiq, T. (2018). Pengembangan Modul Mata Kuliah Gelombang Berbasis Stem (Science Technology Engineering And Mathematics) Pada Program Studi Pendidikan Fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 134-140.
Supriyanto, S. A., & Machfudz, M. (2010). Metodologi Riset Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press
Thomas, A., & Thorne, G. (2009). How To Increase Higher Order Thinking. Metarie, LA: Center for Development and Learning.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Wagner, T. (2008). Rigor Redefined. Educational Leadership, 66(2), 20-24.
White, K. A. (2009). Self‐confidence: A Concept Analysis. In nursing forum, 44(2), 103-114.
Wulandari, & Sinambela, N. (2017). Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Problem Basedlearning Di Man Kisaran. Inspiratif :Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v13i1.43653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstracted/Indexed by:
PUBLISHED BY:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License