SYSTEMATIC ANALYSIS OF MATHEMATICS TEXTBOOK BASE ON THE 2013 CURRICULUM IN TRIANGLES AND QUADRILATERAL MATERIAL

Muhammad Ridlo Yuwono, Udiyono Udiyono

Abstract


The purpose of this study is to analyze the systematic mathematics textbook that refers to the 2013 curriculum for the 2017 revised edition based on the following four components: (1) the discovery of triangles and quadrilateral definitions; (2) the discovery of the formula for the area of a triangle and a quadrilateral; (3) arrangement of triangles and quadrilateral; and (4) facilities to create concept maps for students. Type of this study was a descriptive study with a qualitative approach. The description given in this study was about the systematic mathematics textbook that refers to the 2013 curriculum for the 2017 revised edition by reviewing the four components. Data analysis in this study used content analysis The conclusions of this study are (1) there is no facility to find definitions of the types of triangles and quadrilateral; (2) there are facilities to find the formula of triangles and quadrilateral use the help table, not by using the other quadrilateral area approach; (3) the arrangement of triangles and quadrilateral materials is not right yet; and (4) there is no the facility to create concept maps for students.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistematika dari buku teks matematika yang mengacu pada kurikulum 2013 untuk edisi revisi 2017 berdasarkan empat komponen berikut: (1) penemuan definisi segitiga dan segiempat; (2) penemuan rumus luas daerah segitiga dan segiempat; (3) susunan materi segitiga dan segiempat; dan (4) fasilitas membuat peta konsep bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Deskripsi yang diberikan dalam penelitian ini adalah tentang sistematika buku teks matematika yang mengacu pada kurikulum 2013 untuk edisi revisi 2017 dengan meninjau empat komponen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis isi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) belum terdapat fasilitas untuk menemukan definisi jenis segitiga dan segiempat; (2) terdapat fasilitas untuk menemukan rumus segitiga dan segiempat menggunakan tabel bantuan, bukan dengan menggunakan pendekatan area segiempat lainnya; (3) urutan materi segitiga dan segiempat belum benar; dan (4) tidak ada fasilitas untuk membuat peta konsep untuk siswa.

Kata Kunci: analisis, sistematika, kurikulum 2013, segitiga, dan segiempat

Keywords


analysis; systematics; curriculum 2013; triangles and quadrilateral

Full Text:

PDF

References


Ali, F. O., Herawati, S., & Niniwati. (2016). Analisis Kesalahan dan Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Padang. Abstract of Undergraduate, Faculty of Education, Bung Hatta University, 7(2).

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). London and New York: Routledge.

Darlia, Arapu, L., & Rosdiana. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Keliling dan Luas Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 9 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 29–42.

Eryanti, I. (2015). Pengaruh Strategi Belajar Peta Konsep terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 45–58.

Fitriana, W. (2016). Analisis Kesalahan Buku Matematika pada Topik Segitiga dan Segiempat Kelas VII Semester II Serta Alternanit Pemecahannya. Prosiding Seminar Nasional Matematika “In PRISMA” (pp. 145–149). Semarang.

Hadiyanti, Y. R. (2016). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Bangun Datar Segiempat di Kelas VII D Semester 2 SMP YPK Kotaraja. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 10–17.

Hasibuan, M. F. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal - Soal Segitiga Setelah Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa SMP Swasta Sutomo 2 Medan. Jurnal Mantik Penusa, 17(1), 100–110.

Juhji, J. (2017). Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Saraf Melalui Penggunaan Peta Konsep. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 33–39.

Kusni. (2008). Geometri. Semarang: Program Studi Pendidikan Matematika Unnes.

Mulyati, T. (2016). Pendekatan Konstruktivisme dan Dampaknnya Bagi Hasil Belajar Matematika Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2), 1–8.

Pandey, L., & Ameta, D. (2017). Effect of Constructivist Based Training on Learning And Teaching: An Experiment in Classroom. Journal of Education and Practice, 8(13), 67–72.

Pranyoto, E. B., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis Kesalahan Buku Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Purwaningsih, E., Suyatno, S., Wasis, & Prahani, B. K. (2018). The Effectiveness of Concept Mapping Content Representation Lesson Study (Comcorels) Model to Improve Skills of Creating Physics Lesson Plan (CPLP) For Pre-Service Physics Teacher. Journal of Physics: Conference Series, 997(1), 1–8.

Rahardjo, M. (2010). Mengenal Lebih Jauh Tentang Studi Kasus. Retrieved March 2, 2020, from https://www.uin-malang.ac.id/r/100501/mengenal-lebih-jauh-tentang-studi-kasus.html

Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2017). The Anaysis of Junior High School Students Mathematics Book 2013 Curriculum. Mosharofa, 6(2), 229–236.

Rubiyah, R., Ping, M. T., & Syamdianita, S. (2018). Implementing Concept Mapping Technique to Improve Students’ Descriptive Writing Ability. LTT Journal: A Journal on Language and Language Teaching Journal, 21(1), 65–74.

Sari, D. P. (2016). Analisis Kesalahan Buku Teks Matematika SMP/Mts Kelas VII Berdasarkan Objek Kajian Matematika. In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 77–87). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298.

Sumarsih, S. (2009). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1), 54–62.

Suyanto, A. (2015). The Effectiveness of Mindmapping in Improving Students’ Writing Skill Viewed From Their IQ. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 2(2), 101–119.

Yunita, L. (2014). Pemanfaatan Peta Konsep (Concept Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Senyawa Hidrokarbon. EDUSAINS, 6(1), 1–8.

Yuwono, M. R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Segitiga dan Alternatif Pemecahannya. Magistra, 28(95), 14–25.

Yuwono, M. R., Budiyono, B., & Sari, D. R. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Strategi Peta Konsep pada Materi Segiempat Ditinjau dari Kemampuan Spasial Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9), 959–971.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats