PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

Erlis Nasrul Hidayah

Abstract


This study aims to improve science learning outcomes through the application of Talking Stick learning model. The subjects of this study are students of class VII C SMP Negeri 23 Pontianak, amounting to 30 students. This type of research is Classroom Action Research. This research includes the planning, implementation, action, observation and reflection. The instruments of data collection used are observation and test sheets (final evaluation of the cycle). Based on the research results known in cycle I obtained an average value of 78,3 and in cycle II obtained an average value of 87,8 has an increase from cycle I. Learning completeness in the first cycle of 53,33%, then on cycle II increased to 83,33%. From result of research indicate that applying of Talking Stick learning model can improve science learning result in class VII C SMP Negeri 23 Pontianak.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 23 Pontianak yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes (evaluasi akhir siklus). Berdasarkan hasil penelitian diketahui pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,3 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,8 mengalami peningkatan dari siklus I. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 53,33%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas VII C SMP Negeri 23 Pontianak.

Kata Kunci: hasil belajar siswa,Talking Stick


Keywords


student learning outcomes; Talking Stick

Full Text:

PDF

References


Afriani, R. & N. Oktaviani. (2017). Pengaruh Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Sintang. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 42-48.

Aisyah, S. (2015). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Model Corners dan Talking Stick. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(1), 47-52.

Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuti, C. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Wacana Akademika, 1(2), 109-118

Astuti, S., N. Afifah, & E. Afniyanti. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII SMP Islam Kepenuhan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pengaraian, 1(1).

Basuki, B. E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Talking Stick Siswa Kelas V SDN 2 Watuagung Dongko Trenggalek. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2), 34-38.

Dimyati & Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1A), 47-58.

Harahap, H. N., O. S. Priatna & K. Nawawi. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas IV MI Nurul Huda 1 Curug. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 79-92.

Huda, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PTK dan Pendidikan, 3(2), 45-54.

Jamiah, R. & E. Surya. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan Metode Math Magic terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas V SD Negeri 200211 Padang Sidimpuan. Jurnal AXIOM, V (2), 244-255.

Janayanti, N. M. F., D. P. Parmiti & I. K. Gading. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1-12.

Ketaren, E. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA IPA dengan Metode Talking Stick. Jurnal Pelangi STKIP PGRI Sumbar, 8(1), 34-45.

Kurniasih, I. & B. Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Mahmudah. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto, 6(1), 53-70.

Novida, I. (2016). Penerapan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Jasa dan Peranan Tokoh Pejuang dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 3(1), 1-14.

Nurcahyo, A. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Iklan, Sarana Komunikasi pada Kelas VIII SMPN 1 Singosari. Jurnal PTK dan Pendidikan, 4(1), 79-88.

Pambudi, R. L. I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri Suryodiningratan II Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(6), 70-80.

Pane, A. & M. D. Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Pour, A. N., L. Herayanti & B. A. Sukroyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 36-40.

Purwanto, N. (2017). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, A. I. K. D., T. Prihandono & P. D. A. Putra. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick disertai Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kokami Mata Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 321-328.

Safitri, I., M. M. Ibrahim & Nursalam. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick dengan Bantuan Media Choose Number terhadap Hasil Belajar Biologi di SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotek, 6(1), 131-144.

Sari, S. & A. Wijayanti. (2017). Talking Stick: Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Kerjasama Siswa. Jurnal Wacana Akademika, 1(2), 175-183.

Siregar, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra. Jurnal Biotik, 3(2), 100-106.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Uno, H. B. (2016). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijayanti, L., N. Hairunisya & I. S. Sujai. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 3(2), 81-87.

Wulandari, R. & Istiqomah. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick disertai Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-8.

Wulandari, R. A., Y. Mardiati & M. Irvan. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Media Video untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Globalisasi di Kelas IV SDN Tugusari 04 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, I (1), 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
IN COOPERATION WITH
Perkumpulan Pendidikan IPA Indonesia (PPII)

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats