PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIODIVERSITAS BERBASIS KAJIAN ETNOBIOLOGI SUKU DAYAK LOSARANG

Lesy Luzyawati, Lissa Lissa

Abstract


The textbooks used so far have not utilized learning resources to the fullest, such as the utilization of existing potential in the surrounding environment, planting values, and environmental awareness.Biodiversity textbook based on ethnobiology studies of the Suku Dayak Losarang is a product of the development of textbooks that can be used in biology learning on the concept of biodiversity.This study aims to look at the feasibility of biodiversity textbooks based on the ethnobiology study of the Suku Dayak Losarang Tribe and see the effectiveness of the textbook in biology learning in class X senior high school. This type of research is Research and Development (R&D) with eight stages of development models. Product Textbooks are validated by experts and practitioners using validation sheets. The validation results show that the book is suitable for use because it is good in terms of content worthiness, linguistics, and presentation. The textbook was tested on a small scale test and continued with a large scale test. The results of the effectiveness test using the different test showed that the biodiversity textbook based on the Suku Dayak Losarang was effectively used in biologylearning. Student responses to textbooks also scored high on all indicators.

Abstrak

Buku ajar yang digunakan selama ini belum memanfaatkan sumber belajar secara maksimal, seperti pemanfaatan potensi yang ada di lingkungan sekitar, penanaman nilai, dan kesadaran lingkungan hidup. Buku ajar biodiversitas berbasis kajian etnobiologi Suku Dayak Losarang merupakan produk pengembangan buku ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran biologi pada konsep keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan buku ajar biodiversitas berbasis kajian etnobiologi Suku Dayak Losarang dan melihat efektivitas buku ajar tersebut dalam pembelajaran biologi di kelas X. Jenis penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan 10 tahapan model pengembangan. Produk Buku ajar divalidasi oleh para ahli dan praktisi dengan menggunakan lembar validasi. Hasil validasi menunjukkan buku layak digunakan karena sudah baik dalam hal kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian. Saran dari validator dijadikan acuan dalam merevisi buku ajar biodiversitas Suku Dayak Losarang. Buku ajar hasil revisi diujicobakan pada uji skala kecil (satu sekolah) dan dilanjutkan uji skala besar (tiga sekolah). Hasil uji efektivitas menggunakan uji t menunjukkan bahwa buku ajar biodiversitas berbasis Suku Dayak Losarang efektif digunakan dalam pembelajaran biologi. Respon siswa terhadap buku ajar juga mendapat nilai tinggi pada semua indikator. Artinya buku ajar biodiversitas berbasis kajian Suku Dayak Losarang dapat digunakan pada pembelajaran keanekaragaman hayati di kelas X SMA dan dapat disebarluaskan khususnya di Kabupaten Indramayu. 

Kata kunci: Keanekaragaman hayati, Buku ajar, Suku Dayak Losarang, Etnobiologi, Pembelajaran Biologi


Keywords


Biodiversity; Textbooks; Suku Dayak Losarang; Biology learning; Ethnobiology

Full Text:

PDF

References


Achyani, et al. (2010). Model Penulisan Buku Ajar Biologi SMA Berwawasan Ekologi dan Lokal untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap lingkungan. Bioedukasi, 1(1), 1-8

Afrahamiryani & Ariani, D. (2017). Analisis Validitas Buku Ajar untuk Sistem Perkuliahan Elearning pada Mata Kuliah Kimia Dasar di FKIP UMMY Solok.Jurnal Eksakta Pendidikan, 1(2), 104-111

Arikunto, S. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Artha, Y. G., Saptasari, M., & Mahanal, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Etnobotani melalui Studi Etnobotani Kawasan Masyarakat Lokal Desa Trunyan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 603-607.

Bahri, S., Syamsuri, I., & Mahanal, S. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati dan Virus Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk Siswa Kelas X Man 1 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,1(2), 127-136.

Borg, M. D., & Gall, J. P. (2003). Educational Research an Introduction. Boston: Pearson Education Inc.

Farida, E. Y. (2017) Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Sebagai Penunjang Perkuliahan FTIK UNISNU Jepara. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik,3(1), 28-35

Fidiastuti, H. R. & Rozana, K. M. (2016). Developing Modul Of Microbiology Subject Through Biodegradation By Using The Potencial Of Indigen Bacteria. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(2), 125-132

Firdaus, D. W. (2017). Pewarisan Nilai-nilai Historis dan Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Adat dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal artefak, 4(2), 129-134

Gitnia, S., Kamus, Z., & Gusnedi. (2018). Analisis Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual Pada Materi Fisika Tentang Vektor dan Gerak Lurus. Pillar of Physics Education. 11(2), 153-160.

Hamidah, I., Indriyanti, D.R., Nugrahaningsih. W. H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Sub bab antioksidan Berbasis Kajian Pola Konsumsi Masyarakat Pesisir Indramayu. Journal of Innovative Science Education. 6 (1), 59-65

Istiningrum, R., Amin, M., & Lestari, U. (2016). Pengembangan Buku Ajar Biologi Sel Berbasis Bioinformatika. Jurnal Pendidikan: Teori, penelitian, dan Pengembangan. 1(9), 1693-1699

Leksono, M.S., Syachrurozi A., & Marianingsih, Pipit. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Konservasi Berbasis Etnopedagogi. Jurnal Kependidikan volume. 45(2), 168-183

Luzyawati, L. & Lissa, L. (2019) Ethnobiology Eksplorationof Suku Dayak Losarang, Indramayu District-West Java Province. Bioscience, 3(2), 144-154.

Mardiansyah, N., Tindagen, M., & Rambitan, V. M. M. (2017). Analisis Permasalahan Bahan Ajar Berbasis Biodiversitas Daerah Kalimantan Timur Pada Pembelajaran Ipa Biologi SMP Di Kota Samarinda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.2(11), 1475-1481

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurmita, F. (2017). Pengembangan Buku Ajar Siswa dan Buku Guru Berbasis Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Matematika Siswa Kelas VII SMP Al Karim Kota Bengkulu. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-98

Prasetiyo, N. A, Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Matakuliah Biologi Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 3(1), 19-27

Reski, Harida, Masriani. (2016). Pengembangan Suplemen Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Biosintesis Eikosanoid. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11), 1-13.

Riduan. (2008). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba di Kota Metro sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi untuk Siswa SMA Kelas X. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 86-92.

Tanjung & Fahmi. (2015). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendididkan Geografi, 20(1), 24-29

Tinja. Y., Towaf. S.M., Hariyono. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(9), 1257-1261

Utami, U. P. (2017). Pengembangan Buku Ilmiah Populer Keanekaragaman Mangrove Berbasis Pembelajaran Kontekstual pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA. Tesis: Universitas Jambi

Wulandari, Widyaningrum, P., & Setiati, N. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155-161




DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.37598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats