PENERAPAN MODEL TSTS DAN NHT PADA MATERI PERSAMAAN FUNGSI EKSPONEN

Nurina Kurniasari Rahmawati, Arie Purwa Kusuma, Patar Suparman

Abstract


The aim of the research was to find out wich one that gives mathematics achievement between Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Heads Together (NHT) or conventional learning models in exponential function. The sampel on this research was 108 students consisted of 36 students in the first experimental group, 36 students in the second experimental group and 36 students in the control group. The instruments used were mathematics achievement test. The sampling teqnique is cluster random sampling. The analyze prerequisite Lilliefors metod for nourmality test and used Bartlett metod for homogeny tast. The data was analyzed using balanced one-way analysis of variance and to be assumed to Scheffe’ metod. The conclusions of the research were as follows. (1) TSTS learning model gives better mathematics achievement than NHT and conventional learning model, and NHT learning model gives better mathematics achievement than direct learning model.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model manakah yang memberikan prestasi matematika antara model Two Stay Two Stray (TSTS), model Numbered Heads Together (NHT) atau model pembelajaran konvensional pada materi fungsi eksponensial. Sampel pada penelitian ini adalah 108 siswa yang terdiri dari 36 siswa pada kelompok eksperimen pertama, 36 siswa pada kelompok eksperimen kedua dan 36 siswa pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Metode analisis Lilliefors prasyarat untuk uji normalitas dan menggunakan metoda Bartlett untuk uji homogen. Data dianalisis menggunakan analisis varians satu satu jalan dengan sel sama dan dilanjutkan uji Scheffe. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) model pembelajaran TSTS memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada NHT dan model pembelajaran konvensional, dan model pembelajaran NHT memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung.

Kata kunci: TSTS, NHT, konvensional, prestasi matematika.


Keywords


TSTS; NHT; conventional; mathematics achievement.

Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Hasanah, N., Caswita, C., & Bharata, H. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(2).

Herawati. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran Di Kelas VI SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 3 (2), 95-105.

Iswadi. (2017). Metodologi Penelitian. Banda Aceh: Natural Aceh.

Kusuma, A. P., & Maskuroh. (2018). The Differences of Mathematics Learning Outcomes Between Think Pair Share (TPS) and Number Heads Together (NHT). Jurnal Al-Jabar. Vol. 9, No.1, Hal 19-24.

Kusuma, A. P., & Ayunitis Khoirunnisa. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar Numerical. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 1, 2018, Hal 1 –14.

Kusuma, A. P., & Susanty, I. Eksperimentasi Model Pembelajaran NHT Dan Snowball Throwing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Smp Al-Nur Cibinong. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(1), 52-62. (Tidak Lengkap, tidak ada tahun)

Kusumaningrum, R., Budiyono, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Heads Together (NHT), Dan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(7).

Kasmadi, & Nia Siti Sunariah. (2014). Panduan Modern Penelitian. Kuantitatif. Bandung: Alfabet.

Lie, Anita. (2014). Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Lapohea, A. Z. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Logika Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2).

Mayasari, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan/Dian Mayasari.

Mulyatiningsih, Endang. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Rahmawati, N. K. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran TTW dan NHT Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2 No. 10: 1042-1055.

Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2, 2017, Hal 121 –134.

Riski Nugroho, D. I. A. N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli Di Kelas X Sman 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1).

Rusmawati, P. E., Candiasa, I. M., Kom, M. I., Kirna, I. M., & Si, M. (2001). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarapura Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 3.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Septiana, M., Mashuri, M., & Agoestanto, A. (2012). Keefektifan Model TGT Berbantuan CD Pembelajaran Rekreatif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2).

Supriatin, S., Caswita, C., & Asnawati, R. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTG Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 3(5).

Sugiyono. (2009). Metode Peneliitan Bisnis, Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.35973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
IN COOPERATION WITH
Perkumpulan Pendidikan IPA Indonesia (PPII)

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats