PENERAPAN METODE INQUIRY SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN DI KELAS IV SD SELUMA

Raden Gamal Tamrin Kusumah, Ahmad Walid, Sinta Pitaloka, Pramita Sylvia Dewi, Nesna Agustriana

Abstract


This study aims to determine the increase in learning outcomes of students in 4th grade Seluma 28th Public Elementary School on natural science subjects classifying animals by using the inquiry method. The research subjects 18 students, consisting of 10 male students and 8 female students. This type of research is classroom action research. This research consists of three stages, namely 1). Planning, 2). Actions, 3). Observation, and 4) Reflection. This research was conducted in three cycles, namely Pre-Cycle, Cycle I, and Cycle II. The data collection technique was carried out by observing what was done by the teacher and the supervisor 2. From the results of the research conducted, it was seen an increase in student learning outcomes from each cycle. In the pre-cycle implementation, the average value of student learning outcomes is 64.44 with 50% completeness. In cycle I the average value of student learning outcomes is 76.11 with 72% completeness. In cycle II the average value of student learning outcomes is 88.89 with 100% completeness. From the results of this learning improvement study, it can be seen that the application of the inquiry method to the subjects of Natural Sciences classifying Animals can improve the learning outcomes of Grade IV students at SD Negeri 28 Seluma.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 28 Seluma pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Menggolongkan Hewan dengan menggunakan metode inquiry. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri 28 Seluma yang berjumlah 18 orang yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, yaitu Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi yang dilakukan oleh guru dan supervisor 2. Dari hasil penelitian yang dilakukan terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus. Pada pelaksanaan pra siklus, nilai rata-rata hasil belajar siswa 64,44 dengan ketuntasan 50%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa 76,11 dengan ketuntasan 72%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa 88,89 dengan ketuntasan 100%. Dari hasil penelitian perbaikan pembelajaran ini terlihat bahwa penerapan metode inquiry pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Menggolongkan Hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 28 Seluma.

Kata Kunci: Metode Inquiry: IPA; Hasil belajar; Penggolongan Hewan.


Keywords


Inquiry method; Natural sciences; Learning outcomes; Classification of Animals

Full Text:

PDF

References


Amin, A., Wiwinda, W., Alimni, A., & Yulyana, R. (2018). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1).

Arifin. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Calista, V., Kurniah, N., & Ardina, M. (2019). hubungan Reinforcement Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 13–17. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.13-17

Desi Putrianasari, D., & Wasitohadi, W. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran - Kabupaten Semarang. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 57. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p57-77

Dewi, P. S. (2016). Kemampuan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Pada Tema Global Warming. EDUSAINS, 8(1). https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1564

Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 179. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066

Hamdani, H. (2017). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(1), 43. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v8i1.18423

Handhika, J. (2012). Pembelajaran Fisika Melalui Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Aktivitas Dan Perhatian Mahasiswa1. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1).

Hanik, U., Wulan, N., & Mutmainah, M. (2018). Apersepsi Dalam Pembelajaran Kaitannya Dengan Kesiapan Dan Hasil Belajar. Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika, 6(2), 53–59.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Kar, N. Z. N., & Saleh, S. (2012). Kesan pendekatan Inkuiri Penemuan Terhadap Pencapaian Pelajar dalam Mata Pelajaran kimia. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 27, 159–174.

Prasetyaningtyas, F. D. (2019). Inovasi Model Quantum Learning Menggunakan Teori Apersepsi Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pendidikan IPS SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30651/else.v3i2.2682

Putra, B. K. B., Prayitno, B. A., & Maridi. (2018). The effectiveness of guided inquiry and instad towards students’ critical thinking skills on circulatory system materials. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 476–482. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.14302

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431

Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Praktikum Dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 354–362. https://doi.org/10.17977/JP.V1I3.6161

Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., Isnawati, & Prahani, B. K. (2019). Innovative chemistry learning model: Improving the critical thinking skill and self-efficacy of pre-service chemistry teachers. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 59–76. https://doi.org/10.3926/jotse.555

Suarni, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Di SDN 05 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1406

Suminem, S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dalam Materi Gerak Melingkar Melalui Implementasi Lesson Study Menggunakan Model Keterampilan Proses Sains Siswa MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v4i2.17589

Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2011). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia Dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 574–581.

Tiswarni, T. (2019). Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu utara). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 261. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1650

Ucar, S., & Trundle, K. C. (2011). Conducting guided inquiry in science classes using authentic, archived, web-based data. Computers and Education, 57(2), 1571–1582. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.02.007

Vlassi, M., & Karaliota, A. (2013). The Comparison between Guided Inquiry and Traditional Teaching Method. A Case Study for the Teaching of the Structure of Matter to 8th Grade Greek Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 494–497. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.226

Widianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetika Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(Edisi Khusus), 220–228.

Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA. Indonesian J. Integr. Sci. Education (IJIS Edu), 1(1), 25–32. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1402

Zai, J. (2019). Pengukuran Tingkat Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Praktikum Gaya Gerak Listrik Induksi di Laboratorium Fisika Dasar Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jupiter : Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04(1), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats