MODEL MATEMATIKA PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH JURUSAN: DAMPAK MINAT DAN BAKAT

Rubhan Masykur, Muhamad Syazali, Nofrizal Nofrizal, Iip Sugiharta

Abstract


Every year, high school students of class XII who plan to continue their study program to the University always feel hesitant in determining the field of study to be chosen. Therefore, this research was conducted with the aim of making modeling decision making in determining the direction of Islamic religious education seen from the interests and talents of students. The method used in this research is quantitative descriptive method and survey method. The participants of this research were high school / MAN / equivalent students in Bandar Lampung. The results showed that the Decision variable Choosing the Department of Islamic Education was influenced by interests and talents with the model  + 0.301  (talent).


Abstrak

Setiap tahun, siswa kelas XII SMA yang berencana melanjutkan program studi ke Universitas selalu merasa bimbang dalam menentukan bidang studi yang harus di pilih. Oleh karena nya penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuat pemodelan pengambilan keputusan dalam penentuan jurusan pendidikan agama islam dilihat dari minat dan bakat siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan metode survei. Objek penelitian ini adalah siswa-siswi SMA/MAN/Sederajat di Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keputusan memilih jurusan Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh minat dan bakat dengan pemodelan  + 0.301  (Bakat).

 

Kata Kunci: Permodelan; Pengambilan Keputusan; Pemilihan Jurusan; Minat; Bakat


Keywords


Modeling; Decision-making; Selection of Departments; Interest; Talent

Full Text:

PDF

References


Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Arif, M. (2018). Hubungan Minat Dan Potensi Diri Dengan Pemilihan Program Studi Asuransi Syariah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara. Tansiq, 1(1), 84–104.

Asmara, A., & Haryanto, H. (2015). Pengembangan Tes Mminat dan Bakat dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST) untuk Memprediksi Potensi Siswa Bidang Robotika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 273–286.

Cahyono, E. (2013). Pemodelan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ernawati, S. (2014). Aplikasi Tes Bakat Minat BerbasisKomputer Untuk Pemetaan Pilihan Jurusan Siswa SMK Dengan Menggunakan Dat Dan Rmib. Talenta, 3(1).

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap HasilBelajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2).

Hayurika, T. L. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Jurusan Akuntansi Kelas X Di SMK N 1 Demak. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 88–103.

Hidayat, F. K., & Wahyuni, S. N. (2019). Pendeteksian Minat dan Bakat Menggunakan Metode Riasec. Indonesian Journal of Business Intelligence, 2(1), 32–39.

Irawan, Y., Herianto, H., & Simamora, S. O. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kegiatan Ekstrakurikuler Berdasarkan Bakat Dan Minat Menggunakan Metode SAW ( Simple Additive Weighting ) Decision Support System For Determining Extracurricular Activities Based On Talent And Interest Using The. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 198–205.

Merawati, D., & Rino, R. (2019). Penerapan Data Mining Penentu Minat Dan Bakat Siswa Smk Dengan Metode C4 . 5. Jurnal Algor, 1(1), 28–37.

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–189.

Novalia, & Syazali, M. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Lampung: Aura Publishing.

Pare, S. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Pada Perguruan Tinggi. Mustek Anim, 2(1).

Putra, F. G. (2018). The Implementation of Advance Organizer Model on Mathematical Communication Skills in terms of Learning Motivation. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1).

Rachman, R., & Mukminin, A. (2018). Penerapan Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 4(2), 90–97.

Rufaidah, A. (2015). Pengaruh Intelegensi dan Minat Siswa Terhadap Putusan Pemilihan Jurusan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 139–146.

Salisah, F. N., Lidya, L., & Defit, S. (2015). Sistem Pakar Penetuan Bakat Anak dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 62–66.

Santi, W. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kecerdasan Linguistik. Al-Jabar, 7(2), 267–274.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta.

Suhandana, I. A., & Dames, N. (2013). Konstribusi Bakat Seni, Motivasi Berprestasi,Dan Ekspektasi Karir Terhadap Hasil Belajarpraktek Karawitan Pada Siswa Kelas Xi Di SMK Negeri 3 Sukawari Gianyar. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa2, 4(2).

Syamsu, S., & Wijaya, N. S. (2019). Rules Generation untuk Klasifikasi Data Bakat dan Minat Berdasarkan Rumpun Ilmu. Inspiration: Jurnal Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 40–51.

Umar, H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.30885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats