ANALISIS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA LULUSAN JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FKIP UNTAN DITINJAU DARI JALUR MASUK (SNMPTN, SBMPTN, MANDIRI) DAN PROGRAM KULIAH (S-1 REGULER, S-1 PERCEPATAN APK)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran obyektif dan akurat terkait prestasi akademik ditinjau dari jalur masuk (SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri) dan program kuliah (S-1 Reguler dan Percepatan APK) mahasiswa jurusan Pendidikan MIPA FKIP di Universitas Tanjungpura Pontianak. Metode dan bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif-komparasional dan deskriptif-korelasional. Sampel penelitian sebanyak 620 mahasiswa diambil menggunakan proportioned stratified random sampling. Data berbentuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Lama (tahun) Studi Mahasiswa dikumpulkan menggunakan teknik dokumenter (bersumber dari SIAKAD Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Tanjungpura.
Berdasarkan analisis data, secara deskriptif diperoleh temuan bahwa prestasi akademik (IPK) mahasiswa lulusan (wisudawan 5 tahun akhir) jurusan PMIPA FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak adalah 3,29 (termasuk kategori sangat memuaskan) dan rata-rata lama studi 4,79 tahun. Beberapa temuan lainnya adalah sebagai berikut: (1) Ada perbedaan (signifikan) prestasi akademik (IPK) mahasiswa lulusan jurusan PMIPA ditinjau dari jalur masuk (p ‹ 0,05). Tetapi, bila ditinjau dari program kuliah, perbedaan prestasi akademik mahasiswa tersebut tidak signifikan (p › 0,05); (2) Ada perbedaan (signifikan) lama studi mahasiswa ditinjau dari jalur masuk dan program kuliah (p ‹ 0,05); Masa Studi mahasiswa Program S-1 Reguler lebih lama daripada masa studi mahasiswa Program S-1 Percepatan APK (Nonreguler); (3) Ada interaksi antara faktor jalur masuk dan program kuliah dalam mempengaruhi prestasi akademik dan lama studi mahasiswa; dan (4) Ada hubungan negatif cukup kuat dan signifikan antara prestasi akademik dan lama studi mahasiswa ( r = -0,536, p ‹ 0,05).
Sejalan dengan temuan penelitian di atas, kepada pimpinan fakultas di FKIP Untan direkomendasikan, antara lain. memperbaiki pangkalan data (data-base) mahasiswa dan menerjemahkannya sebagai salah satu masukan dalam proses perencanaan program pengelolaan insitusi yang terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Kata Kunci : analisis prestasi akademik, lama studi, jalur masuk, program kuliah
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ary Yulianti (2010), Faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa FSM UNIVERSITAS DIPONEGORO semaster pertama dengan motode regresi logistik biner .
http://core.ac.uk/download/files/379/17333670.pdf
Desmita (2009) .Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. : http://jalurilmu.blogspot.co.id/2011/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
Ferguson, G.A. (1976). Statistical Analysis in Psychology and Education (4th edition). Tokyo : Mc-Graw Hill Kogakusha, Ltd
Gay, (1987), Educational Research. Competencies for Analysis and Application (3rd edition). Columbus: Merril Publishing Company
Kunaefi et al., (2008) . Faktor-Faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademik individu :http://hitamandbiru.blogspot.co.id/2012/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html
Rizki Rahma ( 2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah pemeriksaan akuntansi (studi empiris pada mahasiswa akuntansi UPN”VETERAN”JAWATIMUR) http://eprints.upnjatim.ac.id/2444/1/file_1.pdf
Tuckman, (1979). Conducting Educational Research, Columbus: Merril Publishing Company
Wijayanti (2008). Perguruan Tinggi yang berualitas Merupakan Bagian dari Kemandirian
http://www.universitassuryadarma.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/JURNAL-VOL-4-NO-2-1-3.pdf
Wahana Komputer, (2009). Panduan Praktis SPSS 17 untuk Pengolahan data Statistik, Yogyakarta: C.V Ando Offset
DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25867
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstracted/Indexed by:
PUBLISHED BY:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License