PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH TOPIK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA

Matsun Matsun, Handy Darmawan, Lia Fitriyanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash topik bahasan pesawat sederhana kelas VIII di SMP Negeri 12 Pontianak, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash topik bahasan pesawat sederhana kelas VIII di SMP Negeri 12 Pontianak, 3) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash topik bahasan pesawat sederhana kelas VIII di SMP Negeri 12 Pontianak berdasarkan dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Robert Maribe Branch dengan model ADDIE, yang diadaptasi sesuai dengan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini ada lima tahap penelitian, yaitu: 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, 5) evaluation. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) kelayakan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash dapat dilihat dari hasil penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 80 dengan kriteria layak, sedangkan untuk hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 82,67 dengan kriteria sangat layak, 2) respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash adalah 86,6 dengan kriteria sangat layak, 3) keefektifan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash dapat dilihat setelah siswa menggunakan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash, diperoleh rata-rata nilai pretest 65,9 dan nilai posttest 85,5.

Kata Kunci : Pengembangan, Macromedia Flash, Pesawat sederhana



Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arda, dkk. 2015. Pengembangan

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Mitra Sains Vol 3 Nomor 1 ISSN : 2302-2027.

Idrus, Muhammad. 2007. Metode

Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif edisi Kedua. Jakarta :Erlangga.

Reny, Eka dkk. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Vol 1 No. 1 ISSN : 2338-0691.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta :Prenada Media Group

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian

dan Pengembangan. Bandung :Alfabeta.

Sutrisno, Leo. 2008. Remediation of Weaknesses of Physics Concepts. Pontianak: Untan Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.25861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats