KEMAMPUAN CALON GURU BIOLOGI MEMBUAT PERANGKAT PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM 2013

Kurnia Ningsih

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan calon guru biologi membuat perangkat penilaian berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan subyek penelitian calon guru biologi yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah micro teaching (PPL-1) semester genap tahun ajaran 2016/2017 pada program studi Pendidikan Biologi berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membuat perangkat penilaian berbasis kurikulum 2013. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif  dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa calon guru biologi mampu membuat perangkat penilaian berbasis Kurikulum 2013 secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 71,08%. Secara rinci kemampuan membuat penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan berturut-turut adalah 81,67%, 70,42%, dan 69,17%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan calon guru Biologi membuat perangkat penilaian berbasis Kurikulum 2013 tergolong baik.

 

Kata kunci: kemampuan, membuat perangkat penilaian

 



Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anderson, L. W., dan Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, terjemahan Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anwar, K., dan Hendra, H. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP. Bandung: Alfabeta.

Camelia dan Chotimah U. 2012. Kemampuan Guru dalam Membuat Penilaian Domain Afektif pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, Volume 5(2).

Djaali dan Muljono P. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fatmawati, Akhyar Z., dan Kiptiah M. 2012. Kemampuan Guru Melakukan Penilaian dalam Pembelajaran PKn di SMAN 1 Banjarmasin. Artikel Edisi 2(4). Online (http://portalgaruda.org/article.php?article=96031&val=5072, diakses Oktober 2017).

Hayat, B. 2008. Assessment Berbasis Kelas. Jakarta: Puspendik Depdiknas.

Kartowagiran, B dan Jaedun, A. 2016. Model Asesmen Autentik untuk Menilai Hasil Belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP); Implementasi Asesmen Autentik di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 20 (2). Online (http://journal.uny.ac.id/index. php/jpep, diakses 9 Mei 2017).

Mardapi, D. 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Popham, W. J. 2009. Instruction that up measures up. Virginia: ASCD.

Setiadi, H. 2016. Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 20 (2). Online (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep, diakses 9 Mei 2017).

Subroto, S. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. 2012. Penilaian Hasil Belajar Online. (http//akhmad sudrajad.wordpress.com/, diakses 6 April 2012).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats