PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN INFORMATION TECHNOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS
Abstract
Abstrak
Sebagai salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, SMAN 1 Sigli dituntut mampu menggunakan IT dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini merupakan hambatan dalam implementasi kurikulum 2013 di SMAN 1 Sigli, maka perlu menerapkan IT dalam model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model PBL berbantuan IT terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis di SMAN 1 Sigli. Metode quasi experiment dengan pretest posttest, control group design yang dilaksanakan di SMAN 1 Sigli tahun pelajaran 2016/2017. Pemilihan sampel dengan teknik random sampling, memilih 2 (dua) dari 5 (lima) kelas yang terdapat di SMAN 1 Sigli. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes untuk melihat pengaruh model PBL berbantuan IT terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mencapai 85% kategori tinggi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol hanya 65%, hasil pengujian hipotesis didapat thitung > ttabel yaitu 2,61 > 1,68. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan IT dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis di SMAN 1 Sigli. Model PBL berbantuan IT dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk membuat peserta didik lebih aktif, namun terdapat kelemahan pada kegiatan merumuskan masalah dan berhipotesis.
Kata Kunci: PBL berbantuan IT; fluida; hasil belajar.
Abstract
As one of the schools implementing the 2013 curriculum, SMAN 1 Sigli is required to use IT in improving learners' learning outcomes. This is an obstacle in the implementation of the 2013 curriculum in SMAN 1 Sigli, it is necessary to apply IT in the learning model. This study aims to determine the effect of IT assisted PBL model on student learning outcomes on static fluid material at SMAN 1 Sigli. Quasi experimental method with pretest posttest, control group design implemented in SMAN 1 Sigli in academic year 2016/2017. Selection of sample by random sampling technique, choose 2 (two) from 5 (five) class which is in SMAN 1 Sigli. The data was collected using test questions to see the effect of IT assisted PBL model on students' learning outcomes on static fluid materials. The result of the research shows that the students' learning achievement reaches 85% high category in the experimental class and the control class is only 65%, the result of hypothesis testing is tcount> ttable is 2.61> 1.68. Based on the result of this research, it can be concluded that there is influence of IT assisted PBL model in physics learning toward student learning outcomes on static fluid material at SMAN 1 Sigli. IT-assisted PBL models can be applied in learning to make learners more active, but there are weaknesses in problem-forming and hypothesizing activities.
Keywords: IT assisted PBL; fluida; learning outcomes.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Bekti, W., dan Herman, D.S. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3(2):178-191.
Caroline, T., dan Bernard, V. 2011. Attention Paid to Feedback Provided by a Computer-Based Assessment for Learning on Information Literacy. Journal Computers and Education. (56):923–930.
Chen, H.C., Hsiao, C.S., Ming, H.C., Jiun, Y.W., Jie, L.T., dan Tzyy, P.J. 2014. Eye Movements Predict Students’ Computer-Based Assessment Performance Of Physics Concepts In Different Presentation Modalities. Journal Computers and Education. (74):61–72.
Eldy, E.F. dan Sulaiman, F. 2013. Integrated PBL Approach: Preliminary Findings towards Physics Students’ Critical Thinking and Creative-Critical Thinking. International Journal of Humanities and Social Science. (2):18-25.
Fabienne, M., Theo, J.H.M., Caroline, T., dan Bernard, V. 2012. Effects of Feedback in a Computer-Based Assessment for Learning. Journal Computers and Education. (58):263–272.
Fahkrudin, A., Hartono dan Sutikno. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Kesehatan Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Penalaran dan Penguasaan Konsep Mahapeserta didik Kebidanan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. (9):106-112.
Festiana, I., Sarwanto dan Sukarmin. 2014. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik SMA. Jurnal Inkuiri. 3 (II) 36-47. Tersedia di: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains. Diakses: 22 Agustus 2016.
Fidiana, L., Bambang, S., dan Pratiwi, D. 2012. Pembuatan dan Implementasi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta didik Kelas XI. Unnes Physics Education Journal. 1 (1). 2012. Tersedia di: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej. Diakses: 22 Agustus 2016.
Hake, R.R. 1999. Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66(1):23-46.
Juniati I., Zulkardi, dan Somakim. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Materi Aturan Pencacahan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah di SMA. Jurnal Didaktik Matematika. 2(2):2355-4185.
Kemendikbud. 2013. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan.
Kurniawati, I.L., dan Dhamas, M.A. 2013, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas X dalam Materi Hidrokarbon. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III.
Muchsin, Sutikno, dan Masturi. 2015. Bahan Ajar Fisika dengan Pendekatan Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF. (IV) 2339-0654. Tersedia: http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/. Diakses: 22 Agustus 2016
Muhson, A. 2009. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahapeserta didik Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan. 39(2):171-182.
Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8(2):1-10
Mukhtar. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Peserta didik. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.
Nikou, S.A., dan Anastasios, A.E. 2015. The Impact of Paper-Based, Computer-Based and Mobile-Based Selfassessment on Students' Science Motivation and Achievement. Journal Computers in Human Behavior. (xxx):1-8.
Paramitha, L.A., Sumarjono, dan Parno. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Metakognisi Pada Pembelajaran Fisika Peserta didik Kelas X SMA Negeri 2 Lumajang. Tesis tidak dipublikasi. FMIPA Universitas Negeri Malang.
Sahin, M. 2010. Effects of Problem-Based Learning on University Students’ Epistemological Beliefs About Physics and Physics Learning and Conceptual Understanding of Newtonian Mechanics. Journal Science Education Technology. (19):266-275.
Samuel, G., Sascha, W., Daniel, V., Frank, G., dan Joachim, F. 2013. Computer-Based Assessment of Complex Problem Solving: Concept, Implementation, and Application. Journal Education Technology Research and Development. 61:407-421.
Sulaiman, F. 2013. The Effectiveness of PBL Online on Physics Students’ Creativity and Critical Thinking: A Case Study at Universiti Malaysia Sabah. International Journal of Education and Research. 1(3):1-16.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wahyudin, Sutikno, A., dan Isa. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. (6):58-62.
Zabit, M.N.M. 2010. Problem-Based Learning on Students’ Critical Thinking Skills in Teaching Business Education in Malaysia: A Literature Review. American Journal of Bussiness Education. 3(6):17-35.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstracted/Indexed by:
PUBLISHED BY:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License