Implementasi Problem Posing Dalam Setting Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di SMA

Haratua Tiur Maria.S, Rooshardini ., Elfi Husniwati, Erni Sustiyani

Abstract


Implementasi Problem Posing ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Fisika siswa SMA di sekolah. Kegiatan ini dilakukan secara kolaboratif dengan setting Lesson Study. Pelaksanaan Lesson Study memiliki tiga tahap yaitu : Plan (merencanakan kegiatan pembelajaran); Do (pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan dihadiri observer); dan See (diskusi dan refleksi proses pembelajaran). Lesson Study dilaksanakan dalam dua siklus di SMAN 7 dan SMAN 4 Pontianak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa proses perencanaan, pelaksanaan dan refleksi perkuliahan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hasil angket dan wawancara siswa menunjukkan peningkatan minat siswa yaitu 78,94 % pada siklus I dan 80,00 % pada siklus II. Jadi secara umum pelaksanaan Lesson Study dapat meningkatkan minat siswa pada bidang studi Fisika.

Kata kunci : lesson study, problem posing


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v3i1.2208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats