PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS TIK MENGGUNAKAN SLIDESHOW POWERPOINT BY USING AUDIO EFFECT BAGI GURU MATEMATIKA SMP PEDALAMAN KUBU KALIMANTAN BARAT

Bambang Hudiono

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan bahwa dewasa ini, perkembangan keterlibatan pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan, sangat pesat. Namun demikian, penyebaran perkembangan tersebut belum menyentuh semua wilayah, terutama di daerah-daerah pedalaman. Permasalahan yang muncul adalah kesempatan peningkatan profesionalisme guru di kota dan daerah pedalaman seperti di daerah Kubu Kalimantan Barat yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi tidak merata. Untuk mengatasi persoalan di atas perlu dicarikan model pemecahannya. Salah satu upaya, mengembangkan bahan ajar interaktif pada mata pelajaran matematika.

Kegiatan ini merupakan penelitian pengembangan  berupa pembuatan bahan ajar interaktif dengan memanfaatkan program slideshow powerpoint by Using Audio Effect.  Akhir dari seluruh kegiatan adalah terbentuknya model bahan ajar interaktif dalam bentuk CD yang berisi slideshow powerpoint yang disertai penjelasan tertulis dan verbal dalam bentuk suara guru yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, serta dihasilkannya buku panduan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif yang dapat digunakan guru ataupun pemerhati pendidikan lainnya.

Kata kunci:  bahan ajar, interaktif,  pembelajaran, matematika,  TIK

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v4i1.17584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

S3    


PUBLISHED BY:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura
IN COOPERATION WITH
Perkumpulan Pendidikan IPA Indonesia (PPII)

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats