Memunculkan Daya Saing UMKM: Melalui Influencer dan Media Sosial dalam Membangun Keunggulan Kompetitif UMKM

Netha Eliana Calysta, Delia Layandi, Gracielle Febriana Benly, Sinar Dharmayana Putra

Abstract


Di era digital yang dinamis ini, strategi pemasaran tak henti bertransformasi dan berinovasi. Salah satu strategi yang kian populer adalah digital marketing, dengan media sosial marketing dan influencer marketing sebagai pionirnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguak pengaruh kedua strategi ini terhadap strategi marketing dan keunggulan bersaing UMKM di Kota Makassar. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 110 pelaku UMKM Makassar yang memanfaatkan kuesioner sebagai sumber data. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dan menggunakan SPSS 26 untuk mengelola data. Melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja bisnis mereka dalam memahami pengaruh media sosial dan influencer marketing terhadap strategi marketing dan keunggulan bersaing para pelaku UMKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran sosial media dan pemasaran melalui influencer terhadap strategi pemasaran sebagai mediasi terhadap keunggulan bersaing para UMKM di kota Makassar memiliki hubungan positif signifikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.