PENERAPAN ANALISIS SWOT TERHADAP PENENTUAN STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING HAMZAH BATIK

Yemima Dikta Stefany, Oktiva Anggraini, Pramesti Amaliyah, Roifatul Karomah

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia, khususnya di sektor industri kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan daya saing Hamzah Batik di Yogyakarta menggunakan metode analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Metodologi penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data meliputi observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Hamzah Batik memiliki kekuatan produk berkualitas yang disajikan dengan nuansa budaya Jawa yang kental, diversifikasi produk, pelayanan berkualitas, keragaman produk, dan digitalisasi pemasaran. Kelemahan meliputi penataan produk yang kurang rapi dan ruang toko yang terbatas. Peluang yang dapat dimanfaatkan adalah permintaan global terhadap batik dan potensi pasar wisatawan. Persaingan dalam industri batik yang semakin ketat menjadi ancaman utama. Strategi peningkatan daya saing yang direkomendasikan mencakup pengembangan produk budaya, ekspansi internasional, perbaikan tata letak toko, inovasi berkelanjutan, dan optimasi proses pemasaran digital. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam mengembangkan strategi kompetitif bagi UMKM di sektor industri kreatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.