Transformasi UMKM Menuju Pasar Global: Dampak Literasi Digital dan Efikasi Diri pada Keinginan Ekspor

Alfredo Hiram Johnatan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan efikasi diri terhadap keinginan ekspor pada pelaku UMKM di Kalimantan Barat. UMKM memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia, namun kontribusinya terhadap ekspor masih relatif kecil. Rendahnya kinerja ekspor UMKM antara lain disebabkan oleh kurangnya orientasi dan keinginan pelaku UMKM untuk melakukan ekspor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 150 pelaku UMKM di Kalimantan Barat yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital dan efikasi diri secara positif dan signifikan memengaruhi keinginan ekspor pelaku UMKM, dengan literasi digital memiliki efek yang sedikit lebih kuat dibandingkan efikasi diri. Model yang diusulkan dapat menjelaskan 62,6% variansi keinginan ekspor. Temuan ini memberikan wawasan bagi pemangku kepentingan terkait pentingnya upaya peningkatan literasi digital dan efikasi diri untuk mendorong ekspor UMKM. Penelitian ini berkontribusi pada literatur tentang faktor-faktor yang mendorong internasionalisasi UMKM dan menyoroti pentingnya mempertimbangkan faktor tingkat individu dalam memahami orientasi ekspor UMKM.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.