PENERAPAN ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA “YANGKO PAK PRAPTO” DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Salah satu UMKM di sektor kuliner di Kota Yogyakarta yang merasakan dampak pandemi adalah penjual yangko. Yangko adalah makanan manis yang menyerupai mochi dan memiliki sejarah sebagai hidangan istimewa yang dipersembahkan untuk para raja karena berasal dari Kotagede. Saat ini, yangko telah menjadi makanan tradisional dan oleh-oleh khas Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats) terhadap penentuan strategi peningkatan daya saing usaha yangko Pak Prapto di Kota Yogyakarta yang ditinjau dari karyawan yangko Pak Prapto yang berlokasi di Jalan Pramuka No.82, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163. Jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) dengan merumuskan strategi peningkatan daya saing dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.