Model Penguatan Literasi Digital dan Literasi Keuangan pada UMKM Melalu Coaching Clinic
Abstract
Kemampuan UMKM dalam berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto dan pengurangan jumlah pengangguran yang signifikan, menandakan kehadiran UMKM memberikan dampak yang besar bagi perekonomian negara. Namun seiring perkembangan pola perekonomian yang ditopang dengan kemajuan teknologi informasi tanpa batas membuat persaingan antar pelaku umkm sudah semakin kompleks. Untuk itu di perlukan pengetahuan literasi digital dan literasi Keuangan dalam menjalankan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model penguatan literasi digital dan literasi keuangan pada UMKM dampingan Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Karawang yang tergabung pada kelompok usaha bersama (KUBE). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, kuisioner dan wawancara dengan 15 peserta umkm. Penelitian ini menemukan model penguatan literasi digital dan literasi keuangan melalui coaching clinic Model ini mencakup unsur-unsur komunikasi dan kolaborasi dalam bentuk partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan penelitian ini terdiri dari komponen kompetensi individu dalam bentuk keterampilan penggunaan, pemahaman kritis, dan kemampuan komunikatif. Penelitian ini berkontribusi pada model penguatan literasi digital dan literasi keuangan dengan menggunakan metode coaching clinic.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.