Efek Pengalaman Mengajar Dan Pemberian Pelatihan Terhadap Kompetensi Guru Dan Dampaknya Terhadap Mutu Pembelajaran
Abstract
Tingginya minat masyarakat indonesia menjadi seorang tenaga pengajar cukuplah besar penelitian ini bertujuan mengkaji efek pengalaman mengajar dan pemberian pelatihan terhadap kompetensi guru dan dampaknya terhadap mutu pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara survei dengan tipe penelitian explanatory reseach, menerangkan hubungan kausal variabel-variabel yang diteliti. Pendekatan penelitian menggunakan random sampling untuk mengkoleksi data dari populasi yang ada, populasi adalah guru Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di Kota Pontianak berjumlah 53 responden, metode penelitian menggunakan metode path analisis dengan aplikasi software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan hubungan variabel yang ada pada penelitian ini memberikan pengaruh yang signifikan meskipun tidak terlalu besar. Secara parsial Pelatihan (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi guru (Z), pengalaman kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru (Z), pelatihan (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran (Y), pengalaman mengajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran (Y) dan secara parsial kompetensi guru (Y) mempunyai pengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran (Y).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.